Rotary Club Lakukan Pelayanan Kesehatan di Dusun Sendiri

karena arus sungai yang cukup deras serta tidak adanya jembatan membuat daerah itu belum dikunjungi oleh petugas

Senin, 19 April 2021 | 15:21 WIB - Berita
Penulis: Wisanggeni . Editor: -

Rotary Club (RC) bersama dengan Ika Medika alumni FK Undip, PDUI JATENG bersama Team RC Kupang, Jumat (16/4/2021) mengunjungi salah satu daerah terdampak bencana Banjir bandang di Nusa Tenggara Timur. Daerah yang dikunjungi itu Dusun Sendiri, Desa Pokdale, berjarak 40 km dari Kupang ke arah Timur laut.

Desa tersebut sebelum tersapu bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu adalah daerah subur yang berada diantara dua sungai di kanan dan kirinya. Dusun Sendiri terkenal sebagai penghasil sayur dan padi. Serta termasuk wilayah yang jarang Banjir

BERITA TERKAIT:
Hujan Lebat, Sejumlah Ruas Jalan di Semarang Banjir 
Polisi Resmi Tetapkan Anji Jadi Tersangka Penyalahgunaan Narkoba
Rotary Club Lakukan Pelayanan Kesehatan di Dusun Sendiri
Soal Banjir, Pemkot Semarang Butuh Banyak Dana untuk Tangani Daerah Hulu
Video: Jalan Pantura Kaligawe Surut, Lalu Lintas Kembali Normal

Petugas kesehatan sendiri pasca Banjir belum pernah mendatangi dusun tersebut, menurut Ketua RT setempat karena arus sungai yang cukup deras serta tidak adanya jembatan membuat daerah itu belum dikunjungi oleh petugas.

 

Oleh itu, RC bersama dengan tim lainnya berkunjung ke dusun itu untuk mengadakan layanan kesehatan, pembagian pakaian, makanan, serta susu kepada masyarakat. Layanan kesehatan ini dibuka di pusat desa. 

Sakit yang dikeluhkan warga, kata RC, mungkin disebabkan dalam beberapa hari ini mereka kerja berat membersihkan rumah dan kebun. Dalam melakukan layanan kesehatan itu, pihak RC dalam melakukan anamnesa lebih hati hati. Hal itu perlu dilakukan agar tidak terjadi under diagnose. 

Melakukan pelayanan kesehatan ditengah pandemi, perlu kehati hatian oleh semua pihak. Karena itu RC tetap melakukan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Usai melakukan kegiatan pelayanan kesehatan hingga menjelang berbuka puasa. RC pun menutup kegiatan itu dengan melakukan buka bersama dengan relawan Hand Fortuna.


tags: #banjir #ntt #rotary club

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI