BBPOM di Semarang Musnahkan Ribuan Obat Ilegal

Pemusnahan dilakukan dengan cara obat cair dimasukkan ke dalam jerigen sementara benda padat seperti kosmetik dibuang ke truk sampah.

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:54 WIB - Berita
Penulis: Holy . Editor: -

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Semarang memusnahkan ribuan produk obat ilegal, pada kamis (20/1/2022). pemusnahan dilakukan karena obat tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

Dalam pantauan tim kuasakatacom di lokasi pemusnahan di Kantor BBPOM Semarang, sebagian besar obat tersebut jamu tradisional cair untuk vitalitas tubuh. selain itu, ada pula kosmetik.
 
Pemusnahan dilakukan dengan cara obat cair dimasukkan ke dalam jerigen sementara benda padat seperti kosmetik dibuang ke truk sampah.
 
Kepala BBPOM di Semarang Sandra MP Linthin mengatakan barang yang dimusnahkan ini adalah hasil penindakan sejak juni 2021 hingga akhir tahun 2021. penindakan inj kata dia, dilakukan kepada tiga tersangka yang memproduksi obat ilegal skala home industri.
 
Jumlah tersebut kata dia, sebagian besar jamu tradisional yang mengandung bahan kimia berbahaya. bahan kimia ini lanjutnya, jelas dilarang keberadaannya. 

 

BERITA TERKAIT:
BBPOM di Semarang Musnahkan Ribuan Obat Ilegal
BBPOM di Semarang Musnahkan Ribuan Obat Ilegal Senilai Rp 800 Juta
BBPOM Temukan 26 Jenis Takjil Mengandung Zat Berbahaya
Video: Kosmetik dan Makanan Ilegal Dimusnahkan
BBPOM di Semarang Musnahkan Ratusan Item Obat dan Makanan Tak Sesuai Syarat

Jamu tradisional berbahan kimia bahaya ini kata dia, sering dikonsumsi anak muda yang ingin merasakan sensasi seperti narkoba.
  
Turut hadir dalam pemusnahan tersebut yakni Ditreskrimsus Polda Jateng, BNN Jawa Tengah, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Bea Cukai, Rupbasan Kelas 1 Kota Semarang.


tags: #bbpom di semarang #kota semarang

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI