BERITA

INSANI

NARASI

KIAT

PILKADA

SENGGANG

VIDEO

Fakta Baru Muncul Terkait Pembunuhan Guru di Prancis

Pelaku pembunuhan itu Abdullakh Anzorov, 18 tahun.

KUASAKATACOM, Paris- Oktober tahun lalu, seorang guru di Prancis bernama Samuel Paty meninggal secara sadis. Guru tersebut dipenggal setelah menunjukkan karikatur Nabi Muhammad dalam pelajaran tentang kebebasan berbicara. 

Namun fakta menarik terungkap, seorang pelajar Prancis yang dituduh menyulut ujaran kebencian fatal terhadap seorang guru di internet mengakui telah berbohong dan menyebarkan klaim tak berdasar.

Sebelumnya, pelajar perempuan berusia 13 tahun yang namanya tidak untuk dipublikasikan tersebut, memberikan informasi bahwa Samuel Paty meminta para murid beragama Islam untuk keluar dari kelas.

Menurut pengacara pelajar itu seperti dikutip dari kantor berita AFP, kliennya mengaku bahkan tidak ada dalam kelas tersebut. "Dia berbohong karena merasa terjebak setelah teman-teman sekelasnya meminta dia menjadi juru bicara," ucap pengacara pelajar tersebut, Mbeko Tabula.

Karena cerita yang dibikin pelajar tersebut, membuat ayah pelajar itu mengajukan gugatan hukum dan menyulut kampanye kebencian di media sosial.

Jaksa menyatakan adanya hubungan sebab-akibat langsung antara hasutan di media sosial dan pelaku pembunuhan, jaksa menyatakan itu tak lama berselang setelah Samuel Paty dibunuh.

Ayah gadis tersebut, yang oleh media Prancis disebut bernama Brahim C dituduh mengeluarkan "fatwa" terhadap guru itu. Sedangkan menurut Jaksa bidang antiterorisme Prancis, Jean-Franois Ricard, ayah gadis tersebut bertukar sejumlah pesan teks dengan pembunuh Paty untuk melakukan kejahatannya.

Seperti diketahui, Samuel Paty dibunuh tidak jauh dari sekolah tempatnya mengajar. Pelaku pembunuhan itu Abdullakh Anzorov, 18 tahun, pelaku akhirnya ditembak mati oleh kepolisian setempat tak berselang lama dari peristiwa pembunuhan itu. 

Presiden Prancis Emmanuel Macron usai kejadian pembuhuna itu, menganugerahi kehormatan tertinggi Legion d'honneur kepada keluarga guru tersebut.
 

(*)

IKUTI BERITA KUASAKATA.COM SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Terkait

Baca Juga

Terkini