Ilustrasi, Foto: Istimewa.

Ilustrasi, Foto: Istimewa.

Berdebu dan Licin saat Hujan, Pemudik Diimbau Hati-hati saat Melintasi Tol Surakarta-Yogyakarta

Jalan tol ke arah Yogyakarta tersebut masih berdebu dan jika turun hujan akan menjadi licin.

Selasa, 04 April 2023 | 14:54 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sukoharjo - Pemudik Lebakaran Idul Fitri 1444 Hijriah diimbau hati-hati saat melwati Jalan Tol Surakarta-Yogyakarta. Imbauan itu disampaiakn oleh Satuan Lalu Lintas Polres Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kepala Satlantas Polres Sukoharjo AKP Sofia Wuriana mengimbau para pemudik yang memanfaatkan jalan Tol baru itu untuk lebih berhati-hati karena jalannya masih berdebu dan jika turun hujan akan menjadi licin.

BERITA TERKAIT:
Kasus Flu Singapura Terjadi di Yogyakarta
Melaju Kencang, Pengendara Motor di Yogyakarta Tewas Tabrak Jembatan
Liburan ke Yogya Wajib Cobain Tempo Gelato, Pernah Dikunjungi Member Seventeen
Dompet Dhuafa Gelar Cine Charity #6, Berbagi Cinta dengan Cerita Buya Hamka
Ganjar-Mahfud Lanjutkan Kampanye ke Sumut-Yogyakarta pada Hari Kampanye ke-62

"Saya harapkan masyarakat yang melalui jalan Tol ke arah Yogyakarta harus berhati-hati, jalan berdebu, dan jika hujan bisa licin," imbau dia dikutip, Selasa (4/4/2023).

Rencananya, kata dia, Jalan Tol Surakarta-Yogyakarta itu rencana akan difungsikan mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Sehingga, jalan Tol pada malam hari tidak difungsikan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pengoperasian jalan Tol tersebut bertujuan untuk mengurai arus kepadatan lalu lintas di pertigaan Kartasura, Sukoharjo, yang sering terjadi kepadatan baik dari arah barat Boyolali maupun Surakarta.

"Jika Kartasura terjadi kepadatan lalu lintas atau kemacetan, maka salah satunya dengan mengalihkan arus ke arah jalan Tol Yogyakarta," terangnya.

Sofia menjelaskan, kendaraan dari arah Tol Colomadu, Karanganyar, diarahkan ke Sanggung, kemudian ke arah Yogyakarta. Pihaknya juga akan mendirikan Pos Keamanan di Sanggung untuk memantau arus lalu lintas di kawasan itu.

"Pospam pintu Tol Sanggung itu dijaga petugas dari Polres Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten dalam memantau arus lalu lintas saat pelaksanaan fungsional jalan Tol," sambungnya.

Sofia menambahkan, pihaknya  telah melakukan cek jalur dan menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat pelaksanaan fungsional Jalan Tol Surakarta-Yogyakarta untuk menyambut arus mudik Lebaran 2023.

"Kami bersama dengan Dinas Perhubungan Sukoharjo akan melakukan rekayasa bagaimana pada saat pelaksanaan fungsional arus mudik maupun balik di Jalan Tol dari Surakarta-Yogyakarta," tukasnya.

***

tags: #yogyakarta #mudik #surakarta #tol

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI