Indonesia Hadapi Korsel di Perempat Final Piala Asia U-23 2024, STY Nostalgia

Laga ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim setelah terakhir mereka bertemu 31 Maret 2015 lalu. 

Selasa, 23 April 2024 | 13:01 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Indonesia sudah dipastikan bertemu Korea Selatan (Korsel) di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian ini usai Korea Selatan berhasil mengalahkan Jepang dalam laga terakhir penyisihan grup B dengan skor 1-0 di Stadion Jassim Bin Hamad pada Senin (22/4). 

Kemenangan ini diperoleh melalui gol semata wayang Kim Min-woo di menit ke-75. Sehingga sudah dipastikan Korsel menjadi juara grup B dengan 9 poin yang diperoleh berkat tiga kemenangan.

BERITA TERKAIT:
Jepang Juara Piala Asia U-23 2024 usai Kalahkan Uzbekistan 2-1
Ikut Nonton Bareng di Simpanglima, Wali Kota Semarang Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia
Wasit Shen Yinhao Trending di X, Bikin Kesel Orang se-Indonesia 
Meski Kecewa Timnas Indonesia Kalah, Warga Kota Semarang Tetap Bangga
Garuda Muda Kalah, Ketum PSSI: Saya Puas dengan Timnas U-23

Tim asuhan Hwang Sun-hong telah ditunggu Indonesia yang sehari sebelumnya memastikan diri ke delapan besar usai menghajar Yordania 4-1. Garuda Muda lolos sebagai runner-up Grup A usai meraih enam poin, hasil dua kemenangan dan satu kekalahan.

Laga ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim setelah terakhir mereka bertemu 31 Maret 2015 lalu. 

Saat itu, Indonesia dan Korsel bertemu di kualifikasi Piala Asia U-23 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Korsel menang telak 4-0 dan lolos ke turnamen utama. 

Uniknya, pada waktu itu Korsel dilatih Shin Tae-yong yang kini menangani Indonesia. Di bawah asuhannya, Korsel lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016 usai menjadi runner-up Piala Asia U-23 2016. Oleh karena itu, pertandingan ini akan menjadi nostalgia pelatih berpaspor Korsel itu.

Menarik untuk dinanti, apakah STY mampu mengalahkan tanah kelahirannya demi membawa Indonesia lolos ke Olimpiade Paris 2024. Di sisi lain, kekalahan dari Korsel membuat Jepang harus puas finis sebagai runner-up Grup B dengan 6 poin dan akan berjumpa tuan rumah Qatar yang menjadi juara Grup A. 

Babak delapan besar akan dimulai pada 25 April mendatang. Jumat (26/4) pukul 00.30 WIB, Korea Selatan vs Indonesia - Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #piala asia u-23 2024 #indonesia #korea selatan #shin tae-yong

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI