BERITA

INSANI

NARASI

KIAT

PILKADA

SENGGANG

VIDEO

Kondisi sapi limosin berbobot lebih dari 1 ton yang dibeli Presiden Joko Widodo dirawat di kandang Widodo di Dukuh Soko, Desa Tegalombo, Kalijambe, Sragen, Jumat (24/7/2020). Foto: Istimewa

Dua Tahun Dipelihara Hingga Berbobot 1 Ton, Sapi Milik Peternak di Sragen Ini Akhirnya Dibeli Jokowi

Sapi qurban tersebut rencananya akan disalurkan ke Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran.

KUASAKATACOM, Sragen - Jokowi membeli hewan quran berupa seekor sapi limosin seberat lebih dari 1 ton dari Widodo, peternak asal Dukuh Soko, Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen seharga Rp90 juta. sapi qurban tersebut rencananya akan disalurkan ke Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran yang akan disembelih saat Hari Raya Idul Adha tiba.

Sebelum dibeli Jokowi, sapi tersebut telah dirawat Widodo selama dua tahun. Saat pertama kali masuk kandang Widodo, sapi limosin tersebut hanya memiliki bobot sekitar 800 kg. Setelah dipelihara selama dua tahun, beratnya bertambah menjadi lebih dari 1 ton.

sapi ini saya beri makan rumput kalanjana, tebon [daun dan batang tanaman jagung], jerami yang sudah difermentasi, konsentrat dan polar. Sehari bisa makan dua kali, pagi dan siang. Sehari bisa habiskan pakan 15-20 kg seharga sekitar Rp50.000. Bobot sapi ini terus naik di kisaran 1,5 kg hingga 2 kg/hari,” kata Widodo kala ditemui wartawan di kandangnya, Jumat (24/7/2020).

sapi limosin yang dibeli Jokowi itu, lanjut Widodo, sudah dipastikan sehat. Dalam rangka menjaga kesehatan semua sapi peliharaannya, Widodo memang sudah menjalin kerja sama dengan seorang dokter hewan. Belum lama ini, sapi yang dibeli Jokowi itu juga sudah menjalani pemeriksaan kesehatan. Berdasar hasil laboratorium, sapi tersebut dipastikan negatif dari berbagai penyakit berbahaya.

sapi ini bisa dibeli Pak Jokowi lewat teman-teman jaringan sesama peternak sapi. Justru mereka yang bisa memasarkan sapi itu hingga akhirnya bisa dibeli oleh Pak Jokowi,” ujar Widodo.

Selain sapi yang sudah dibeli Jokowi, masih ada dua ekor sapi dengan berat sekitar 1 ton masing-masing berjenis limosin dan lokal Jawa. Dua sapi yang belum laku itu dibanderol dengan harga Rp75 juta.

Saat ini,ada lebih dari 150 ekor sapi dengan beragam jenis di kandang Widodo. Di antaranya ialah limosin, metal, madura dan lokal Jawa dengan bobot mulai 350 kg hingga di atas 1 ton. Selain sapi siap qurban, terdapat pula sapi betina yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya.

sapi-sapi yang diternakkan Widodo dijual mulai Rp17 juta hingga Rp90 juta tergantung bobot masing-masing. “Kami tidak hanya menjual sapi, tapi juga menggemukkan sekaligus tempat jagal. Jadi, pada Hari Raya Idul Adha nanti ada puluhan sapi yang akan disembelih di tempat ini,” pungkas Widodo.

(*)

IKUTI BERITA KUASAKATA.COM SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Terkait

Baca Juga

Terkini