Dekranas 'Goes To Geopark' Siapkan UMKM Tembus Pasar Internasional

Pelatihan ini memberikan materi yang pertama tentang pewarnaan tradisional dan modern.

Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:11 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Klaten - Badan Geologi bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan DekranasGoes to Geopark”. Kegiatan itu untuk mengembangkan UMKM dengan rangkaian Webinar dan Pelatihan demi tembus pasar Internasional di Kawasan Geopark Global Gunung Sewu, tepatnya di Desa Jarum, Bayat Senin (25-29/10/2021).

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi Mineral dan Batu Bara (PPSDM Geominerba) Bandung, Bambang Utoro, menerangkan bahwa kegiatan pelatihan menjadi salah satu wujud nyata pemerintah hadir ditengah masyarakat, apalagi selama pandemi untuk membangunkan ekonomi masyarakat kembali.

BERITA TERKAIT:
56 UMKM Ramaikan Bazar Ramadan 2024 di Gubernuran Jateng
Ramadan, Semarang Barat Gelar Festival Takjil di Jalan Ronggolawe
BSI Semarakan Ramadan 1445 H dengan Berbagai Kegiatan Bermanfaat
Expo KKN UPGRIS Gelar UMKM dan Budaya Lokal Limbangan Kendal
Biskuit Kokola Dukung UMKM Jawa Tengah di Semarang Market Festival 2024

“Kita memberikan pembekalan kepada masyarakat untuk lebih mereka siap berwirausaha, tenaganya lebih kompeten, nantinya masyarakat lebih meningkatkan ekonominya.” tuturnya.

Bambang menjelaskan, pelatihan UMKM Batik Kayu dan Serat Alam ini menggunakan bahan yang ada disekitar yang ada di Geopark, sekaligus menjaga lingkungan dan juga sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pelatihan ini menggandeng atau bersinergi dengan Dekranas yang memang tahu cara meningkatkan UMKM di Indonesia. Dengan dihadiri oleh Nanny Hadi Tjahjanto, Wakil Ketua Harian 2 Dekranas dan jajaran, kemudian diikuti oleh peserta ada 65 orang berasal dari empat Kabupaten anatara lain Kabupaten Klaten, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul disekitar Geopark.

Bambang menambahkan, pelatihan ini memberikan materi yang pertama tentang pewarnaan tradisional dan modern,kedua memberikan teknik pemasaran dengan trik-trik khusus pemasaran Internasional, dan melatih bagaimana cara kemasannya.

“Ibu-Ibu Dekranas berharap kesana (Pasar Internasional), ibu-ibu Dekranas akan mencoba mendorong dan juga memfasilitasi ini bisa lari ke sana (Pasar Internasional) karena itulah mengapa kami menggandeng Dekranas. Produknya tidak berhenti disini tapi bisa dipasarkan lokal maupun Internasional. Kita harapkan mereka bisa Go Internasional.” tukasnya.

***

tags: #umkm #internasional #klaten #dekranas #goes to geopark

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI