BERITA

INSANI

NARASI

KIAT

PILKADA

SENGGANG

VIDEO

Foto istimewa

Judika, Juri dan Panutan Kontestan Indonesian Idol

Sejak Judika jadi juri di tahun 2018, semenjak itu pula Indonesian Idol makin berwarna.

Judika Nalon Abadi Sihotang atau Judika, selalu tampil power full semenjak terpilih menjadi runner up indonesian idol tahun 2005. Meski, saat itu juaranya adalah Mike Mohade bukan berarti karir bernyanyi Judika meredup. Usai kontes Idol, tidak butuh waktu lama karir menyanyi Judika langsung terus menanjak dan ia banyak mengeluarkan sejumlah single yang banyak disukai masyarakat Indonesia.

Tidak hanya berhasil menjadi penyanyi, Judika juga mampu menciptakan lagu serta dengan apik berkolaborasi dengan musisi Indonesia lainnya bahkan tidak jarang Judika berkolaborasi dengan musisi manca.

Setelah 13 tahun membesarkan namanya, tepat di tahun 2018 Judika terpilih menjadi juri indonesian idol session tahun itu. Berangkat dari seorang peserta akhirnya Judika berhasil menjadi juri. Tentu pemilihan Judika menjadi juri bukanlah serampangan, namun dengan pertimbangan matang. 

Sejumlah penghargaan banyak diraih lelaki kelahiran Sidikalang, tahun 1978 itu, diantaranya Artis Lelaki Terbaik di Anugerah Planet Muzik 2013, 2014, 2015, dan 2018, Penyanyi Solo terbaik Inbox Award 2014, Indonesia Musik Indonesia 2014, Male Singer of the Year pada Indonesian Choice Award 2015.

Panjangnya prestasi yang ditorehkan suami Duma Riris tersebut, serta makin matangnya Judika membuat ia layak satu meja dengan Anang, Ari Lasso, BCL, Kaka Slank, Rossa, dan Maia Estianty sebagai juri Indonesia Idol.

Tentu dibandingkan dengan juri lainnya, Judika paling junior namun siapa yang meragukan kemampuan bermusik Judika

Sejak Judika jadi juri di tahun 2018, semenjak itu pula indonesian idol makin berwarna. Judika dan Rossa sering kali tidak canggung bernyanyi bersama para kontestan mengikuti gimmick yang diciptakan Daniel Mananta selaku pembawa acara.

Di Tahun 2020, Judika kembali menjadi juri bersama Rossa, Maia Estianty, Ari Lasso dan Anang. Dan kebiasaan menyaut nyanyian kontestasn disela penjurian tetap rutin dilakukan Judika. Semua genre lagu disikat oleh ayah dari Cleo Deora Boru Sihotang dan Judeo Volante Sihotang tersebut.

Pada indonesian idol Spesial Session pada spektakuler show dua, Senin (18/1/2020), Judika menyatakan Lagu Butet dan Es Lilin musikalitasnya hampir sama. Sehingga ia pun mengajak Kirana menyanyikan Es Lilin dan Butet sambil bersautan. Dan benar, dua lagu itu saat dinyanyikan bersautan dengan juri dan kontestan itu sangat enak.

Usai Mark Natama menyanyikan lagu "Untuk Perempuan yang Sedang dalam Pelukan", Judika memberikan penilaiannya terhadap Mark yang menurutnya bernyanyi seksi. Judika pun melanjutkan pujiannya dengan menantang Mark menyanyikan sebuah lagu Batak. Mark pun dengan senang hati menerima tantangan Judika, Mark mengusulkan untuk menyanyikan lagu "Si Anju Mau Au". Mereka berdua pun berduet dengan karakter suara masing masing, dan lagi lagi Judika menunjukkan power full suara dan teknik bermusiknya. 

Sesi Judika unjuk gigi kembali berlanjut saat Anggi duet bareng Kaka menyanyikan lagu dangdut "Pandangan Pertama", meski awalnya Judika salah menebak pemyamyi lagu tersebut. Namun, tiba tiba Judika nimbrung juga menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh A Rafiq.

Meskipun apa yang dilakukan Judika hanya mengisi gimmick di sela penjurian, namun hal itu secara tidak langsung menunjukkan kepada kontestan bahwa indonesian idol bukanlah kontes nyanyi instan tapi mampu melahirkan penyanyi yang kuat secara karakter dan mampu bertahan lama di industri musik Indonesia yang sangat dinamis. 

(*)

IKUTI BERITA KUASAKATA.COM SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Terkait

Baca Juga

Terkini