Ketua TP PKK Kabupaten Jepara Hesti Nugroho.

Ketua TP PKK Kabupaten Jepara Hesti Nugroho.

Hesti Nugroho Ajak Perempuan Memaknai Perjuangan RA Kartini

Kita patut bersyukur, karena perjuangan RA Kartini, perempuan sekarang bisa meraih hak-hak yang setara dengan kaum laki-laki.

Rabu, 21 April 2021 | 20:40 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Ketua TP PKK Kabupaten Jepara Hesti Nugroho mengajak kaum perempuan memaknai setiap perjuangan RA Kartini. Pahlawan kelahiran Jepara itu telah berbuat banyak untuk kesetaraan kaum perempuan.

Untuk mengenang RA Kartini, Hesti menyambangi kamar pingit RA Kartini di kompleks Pendopo Kabupaten Jepara. Satu per satu ia menunjukkan barang-barang peninggalan RA Kartini. Mulai dari tempat tidur, meja dan kursi, peralatan membatik, kain, hingga permainan tradisional dakon yang masih tersimpan rapi di tempat yang dulu pernah ditinggali pahwan perempuan ini.

BERITA TERKAIT:
Dosen UPGRIS Beri Pelatihan Public Speaking kepada GP Ansor Jambu Timur Jepara
163 Guru di Kabupaten Jepara Dikukuhkan Edy Supriyanta Jadi Kepala Sekolah
4.207 ATS di Kabupaten Jepara Berhasil Kembali ke Sekolah dalam Setahun Terakhir
Pj Bupati Jepara Ambil Sumpah dan Serahkan SK Ribuan ASN
Pemkab Jepara Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah Terbaik di Musrenbangprov

Hesti menjelaskan, sebagai perempuan, RA Kartini tetap menjalankan kodratnya. Ia mengerjakan pekerjaan layaknya sebagai perempuan. Ia pintar membatik dan mengerjakan tugas rumah tangga. Namun, di luar batas pada zamannya, ia telah memikirkan kesetaraan perempuan melalui pendidikan.

"Kartini meyakinkan bahwa sejatinya perempuan memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mengejar mimpi dan cita-citanya, serta mengenyam pendidikan tinggi," terangnya.

Keinginan kuat RA Kartini agar perempuan tidak selamanya dicap sebagai pengurus dapur dan rumah, telah ia perjuangkan sehingga melalui pendidikan yang sama dengan kaum laki-laki, kini ruang penyetaraan bagi wanita modern bisa berkarya seperti para pria, terbuka lebar.

Karena perjuangan RA Kartini, perempuan sekarang bisa bebas berekspresi, bebas mewujudkan mimpi, mewujudkan ide-ide kreatif, menyalurkan bakat, membuat gerakan, serta menyuarakan hasil pemikiran yang bermanfaat bagi sekitarnya.

"Kita patut bersyukur, karena perjuangan RA Kartini, perempuan sekarang bisa meraih hak-hak yang setara dengan kaum laki-laki. Perempuan bisa turut membangun bangsa melalui kiprahnya," ungkap Hesti.

Kegelisahan sebagai perempuan dan kecerdasan RA Kartini, telah membuatnya melampaui pemikiran-pemikiran perempuan pada masanya. Ia mampu bertindak dengan memperjuangkan pendidikan bagi kaumnya, hingga membawa kesetaraan perempuan di masa sekarang. 

***

tags: #kabupaten jepara #ra kartini #pkk #hesti nugroho

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI