Di Rapat Paripurna, Suharso Sampaikan Delapan Prinsip Rencana Induk Pembangunan IKN

Tahap pembangunan pemindahan ini terdiri dari lima tahapan.

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:37 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Selasa (18/1/2022), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan delapan prinsip rencana induk pembangunan IKN.

Suharso mengatakan delapan  yakni desain prinsip rencana induk pembangunan IKN yakni menyesuaikan kondisi alam, kebhinnekatunggalikaan serta keterhubungan.

BERITA TERKAIT:
Status Berubah dari DKI ke DKJ, Dibutuhkan 8,3 Juta Blangko untuk Ganti KTP Warga
Polri Kirim 709 Personel ke IKN secara Bertahap sejak 2022
Progres Rumah Menteri di IKN Sudah 88 Persen, Juli harus Selesai 
Tak Lagi Jadi Ibu Kota, Jokowi Sahkan UU Daerah Khusus Jakarta 
Korsel akan Hibahkan Instalasi Air untuk IKN

Kemudian aktif dan mudah diakses, rendah emisi karbon, sirkuler dan tangguh, aman dan terjangkau, nyaman dan efisien melalui teknologi serta peluang ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam kesempatan yang sama, menyebutkan tahap pembangunan pemindahan ini terdiri dari lima tahapan yaitu tahapan paling kritis sesudah UU dibuat atau tahap pertama 2022-2024 dan diikuti tahap dua sampai lima dari 2025 sampai 2045.

Sri Mulyani juga mengungkapkan untuk pendanaan tahapan pertama akan dilihat aspek yang menjadi trigger awal dari pembangunan dan menciptakan anchor untuk pembangunan IKN sekaligus pemindahannya.

"Sesudah kita bicara nanti akan dibuat rencana induk detail yang akan tertuang dalam Peraturan Presiden," kata Sri Mulyani.

***

tags: #ikn #kepala bappenas suharso monoarfa #menteri keuangan #sri mulyani #rapat paripurna

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI