Pj Bupati Jepara Minta Mitra Kerja Dinsos Jaga Akurasi DTKS

Keakuratan DTKS sangat penting lantaran DTKS merupakan data induk yang dijadikan acuan untuk keperluan pelayanan kesejehtaraan sosial.

Jumat, 30 September 2022 | 21:34 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Para mitra kerja Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) diminta Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta untuk menjaga akurasi Data Tepadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Hal itu disampaikan Edy saat menghadiri Rapat Koordinasi dan Kondosilidasi Mitra Kerj Dinsospermasdes di halaman belakang gedung OPD Bersama, Jumat (30/9/2022).
 
“Para Mitra Kerja Dinsopermasdes harus lebih teliti dalam mencatat data khususnya yang menerima Bantuan Lansung Tunai (BLT). DTKS  harus diteliti dengan betul jangan sampai data yang kita sampaikan ke pusat tidak sinkron dan menyebabkan masalah dan kerugian di masyarakat,” kata Edy Supriyanta.
 
Keakuratan DTKS, lanjut Edy, sangat penting lantaran DTKS merupakan data induk yang dijadikan acuan untuk keperluan pelayanan kesejehtaraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosual serta potensi dan sumber kesejehtaraan sosial.
 
“Sudah menjadi kewajiban kita untuk melayani masyarakat. Saya tekankan agar BLT disalurkan dengan benar dan tidak ada pemotongan,” tegas Edy.
 
Lebih lanjut orang nomor satu di Jepara itu menyampaikan jika keberadaan mitra kerja menjadi faktor penting demi menunjang kelangsungan dan keberhasilan program pemerintah di lapangan. “Maju dan tidaknya warga masyarakat Jepara, sebagian tanggung jawab itu ada di pundak kita. Oleh karenanya tetap semangat, selalu bergotong-royong, bergandeng tangan, bersinergi,” imbuhnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinsospermasdes Jepara Edy Marwoto menyampaikan jika menuturkan jika peserta rakor sebanyak 390  mitra kerja.  Diantaranya terdiri dari TKSK, SDM PKH, Pendamping profesional desa, Tagana serta PSM.  
 
Dirinya meminta kesejahteraan sosial di suatu wilayah harus dapat dirasakan manfaatnya. Baik oleh masyarakat maupun bagi desa itu sendiri. Rakor ini, di samping untuk menyamakan visi dan misi, juga sebagai ajang mempererat silaturahmi.
 
“Karena semua persoalan, kegiatan apapun bentuknya bermuara di tingkat desa dan kelurahan. Dengan kata lain, tingkat desa mengurusi kehidupan dan penghidupan,” katanya.
 
Dalam kesempatan ini juga diserahkan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba Posyandu tingkat Kabupaten Jepara. Juara 1 yakni Posyandu Melati Desa Sowan Kidul, Juara 2 Posyandu Sekarsari V Desa Sekuro dan Juara 4 Posyandu Melati 1 Desa Kecapi. 

BERITA TERKAIT:
Peringatan Hardiknas, Guru Diminta Hadirkan Proses Belajar Menyenangkan 
163 Guru di Kabupaten Jepara Dikukuhkan Edy Supriyanta Jadi Kepala Sekolah
4.207 ATS di Kabupaten Jepara Berhasil Kembali ke Sekolah dalam Setahun Terakhir
Pj Bupati Jepara Ambil Sumpah dan Serahkan SK Ribuan ASN
Pemkab Jepara Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah Terbaik di Musrenbangprov

***

tags: #pj bupati jepara #edy supriyanta #dinas sosial #kabupaten jepara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI