Hasil Tangkapan Ikan di Laut Makin Sedikit Didapat, Ini Penyebabnya

“Usaha penangkapan ikan yang belum maju berkelanjutan karena belum berorientasi pada mutu

Jumat, 29 Desember 2023 | 10:09 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Plt Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agus Suherman menjelaskan, ikan di laut makin sulit didapatkan.

“Saat ini, perikanan tangkap nasional sedang dihadapkan pada berbagai dinamika, tantangan, dan permasalahan yang harus kita selesaikan bersama,” jelas dia dalam Webinar belum lama ini. 

BERITA TERKAIT:
Hasil Tangkapan Ikan di Laut Makin Sedikit Didapat, Ini Penyebabnya

Sulitnya ikan yang didapat juga dipengaruhi oleh banyaknya jumlah kapal dari waktu ke waktu. 

Namun, banyaknya jumlah kapal belum mengindikasikan besarnya keuntungan atau manfaat optimal bagi para pihak dari pengelolaan perikanan secara keseluruhan, baik dari nelayan, pelaku usaha, dan masyarakat pada umumnya.

“Usaha penangkapan ikan yang belum maju berkelanjutan karena belum berorientasi pada mutu, tetapi cenderung pada produksi yang sebanyak banyaknya untuk meraih untung, bukan mempertahankan mutu sebaik-baiknya,” Kata Agus.

Agus juga menambahkan, mutu dari ikan yang ditangkap tak dipertahankan, dilihat dari ukuran ikan yang ukurannya semakin kecil dan sulit ditangkap.

Tentunya, berbagai dinamika, tantangan, dan permasalahan tersebut harus diurai satu-persatu guna memperbaiki kembali mutu penangkapan ikan oleh nelayan di Indonesia.

Maka dari itu, transformasi perlu dilakukan sebagai lompatan dalam perbaikan tata kelola perikanan nasional secara fundamental.


 

***

tags: #dirjen perikanan #kementerian kelautan dan perikanan #nelayan #ikan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI