Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bank Jateng Raih Penghargaan Top BUMD 2024

Membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah

Selasa, 05 Maret 2024 | 20:00 WIB - Ekonomi
Penulis: Holy . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Bank Jateng meraih penghargaan Top BUMD 2024 with Productive Financing Distribution to Support Local Government Program (Category : BPD) pada gelaran Indonesia Best BUMD Award 2024 “Credibility Catalyst to Develop Regional Economy”, Selasa, (5/3/2024) di JS Luwansa Hotel & Convention Jakarta.

Plt Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada Bank Jateng karena peran Bank Jateng dalam meningkatkan kegiatan perekonomian dan pembangunan Jawa Tengah terutama dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah.

BERITA TERKAIT:
Bank Jateng Fasilitasi Kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 587 PPPK Kabupaten Banjarnegara
Jalin Sinergitas, Bank Jateng Gandeng PWI Tegal Gelar Media Gathering
Optimalkan Pelayanan saat Banjir, Bank Jateng Cabang Demak Buka Layanan Mobil Kas Keliling 
Ramadan, Tiap Rabu Bank Jateng Bagikan Sayur Secara Gratis untuk Warga di Semarang
Bank Jateng Borong Penghargaan di TOP BUMD Awards 2024, Pj. Gubernur Jawa Tengah Jadi TOP Pembina BUMD 2024 

“Pada tahun ini Bank Jateng membagikan dividen sebesar Rp1,099 triliun atau sebesar 69,3% dari laba bersih tahun 2023 yang mencapai Rp1,58 triliun”, jelas Irianto.

Kontribusi Bank Jateng dalam meningkatkan pendapatan daerah juga dilakukan melalui pengembangan layanan digital kepada pemerintah antara lain Cash Management System (CMS) Pemda, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) yang berbasis CMS sehingga membantu layanan transaksi non tunai bagi pemerintah desa di Jawa Tengah. 

Untuk mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor, Bank Jateng mengembangkan sistem pembayaran pajak secara online melalui aplikasi Sakpole yang terintegrasi dengan kanal pembayaran Bank Jateng seperti Bima Mobile dan Internet Banking Bank Jateng.

Peran Bank Jateng dalam pembangunan daerah juga semakin nyata melalui pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan (corporate social responsibility). Selama ini, Bank Jateng menyalurkan dana CSR/TJSL yang disinergikan lewat program pembangunan Pemerintah Provinsi Jateng.

“Program unggulan TJSL/CSR Bank Jateng selama ini menyasar pada berbagai prioritas penting, diantaranya penanganan kemiskinan ekstrem (PKE) untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), program pencegahan stunting dimana untuk program pencegahan stunting tersebut Bank Jateng merupakan satu satunya Bank Pembangunan Daerah yang mendapatkan penghargaan nasional untuk Kategori Mitra Filantropi yang diserahkan oleh wakil presiden tanggal 06 Oktober 2023, disamping itu ada program unggulan berupa program pemberian keterampilan agar siswa binaan mempunyai jiwa kewirausahaan dan siap pakai di dunia kerja,” jelas Irianto.

Mengemban misi sebagai penunjang pembangunan daerah, Bank Jateng telah melakukan transformasi dengan lebih besar lagi menyalurkan kredit kepada sektor usaha produktif, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pada akhir Desember 2023, penyaluran kredit segmen ritel dan UMKM telah mencapai Rp15,78 triliun dan tumbuh 23,38%” ungkap Irianto.

Pada tahun 2024, Irianto optimis pertumbuhan kredit Bank Jateng akan lebih tinggi lagi, terutama kredit UMKM. “Tahun ini, Bank Jateng dipercaya Pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp6 triliun” pungkasnya.

***

tags: #bank jateng #top bumd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI