BERITA

INSANI

NARASI

KIAT

PILKADA

SENGGANG

VIDEO

Badriyanto dan kerajinan wayang suket dari Desa Wlahar Kecamatan Rembang, Purbalingga yang kini masuk menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional tahun 2020. (Foto :Dok/KUASAKATA)

Masuk Warisan Budaya Nasional, Wayang Suket Purbalingga Wajib Dilestarikan

Pemilik wayang suket dan juga dinas terkait wajib melestarikan dan perlu adanya pengembangan agar wayang suket jangan sampai punah atau mati.

KUASAKATACOM, Purbalingga- Tim Ahli warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Tingkat Nasional menetapkan Wayang Suket Purbalingga sebagai WBTB Tingat Nasional Tahun 2020 secara virtual. Penetapan tersebut menjadi satu kebanggaan bagi Kabupaten Purbalingga dan juga Badriyanto selaku pewaris Wayang Suket di Purbalingga, Jawa Tengah.

Ditetapkannya Wayang Suket sebagai WBTB Tingkat Nasional tentunya tidak lepas dari peranan Pemkab Purbalingga dan juga pengrajin Wayang Suket, di Desa Wlahar  Kecamatan Rembang, Badriyanto. Oleh karena itu Wayang Suket harus dilestarikan agar keberadaannya tidak punah.

Wayang Suket merupakan kerajinan khas dari Purbalingga yang langka, unik dan otentik. Kerajinan berbentuk tokoh wayang yang dibuat dari rumput kasuran.  Kerajinan ini selalu menarik perhatian dan diburu saat dipamerkan di berbagai event. Banyak permintaan baik dari dalam maupun luar negeri atas kerajinan itu.

Namun, ada berbagai kendala karena pengrajin Wayang Suket ini hanya satu orang yang tersisa di Purbalingga, yaitu, Badriyanto. Selain itu, rumput kasuran yang menjadi bahan bakunya pun unik karena konon hanya bisa dipanen saat Bulan Sura. Oleh karena itu, Pemkab memberikan perhatian khusus terhadap Wayang Suket

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Purbalingga selaku wadah yang menaungi pengembangan kerajinan menyusun berbagai program pengembangan Wayang Suket.

"Tugas kami dari Dindikbud Purbalingga, pemilik Wayang Suket dan juga dinas terkait wajib melestarikan dan perlu adanya pengembangan agar Wayang Suket jangan sampai punah atau mati," kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga, Rien Anggraeni saat dihubungi, Jumat (9/10).

Rien menjelaskan apabila Wayang Suket sampai punah atau hilang maka Surat Keputusan ditetapkannya Wayang Suket sebagai WBTB akan dicabut oleh pemerintah. Ia berpesan khususnya bagi Badriyanto atau pewaris tunggal Wayang Suket dari Mbah Gepuk agar dapat mengembangkan Wayang Suket.

"Salah satu caranya dengan cara mendirikan sanggar belajar Wayang Suket di desanya, Desa Wlahar terutama untuk masyarakat sekitar agar semakin banyak orang yang bisa membuat Wayang Suket," ujarnya.

Ia menerangkan Wayang Suket ini merupakan salah satu dari tiga jenis WBTB yang diajukan Pemkab Purbalingga untuk bisa ditetapkan sebagai WBTB tingkat nasional. Selain Wayang Suket ada juga nopia dan soto kriyik yang diusulkan Pemkab Purbalingga namun keduanya belum lolos karena masih ada kekurangan terkait dengan makna budayanya.

"Untuk pengajuannya kami lakukan satu tahun sebelumnya yakni tahun 2019 sesuai dengan ketentuan dan syarat terkait WBTB tingkat nasional," terang Rien.

Rien menuturkan ada persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa ditetapkan sebagai WBTB tingkat nasional dan dalam hal ini Pemkab Purbalingga melalui Dindikbud Purbalingga tidak asal memilih. Syarat yang harus dipenuhi yakni minimal berusia 50 tahun, lalu sudah mengalami regenerasi minimal dua generasi dan terakhir menjadi ciri khas Purbalingga.

"Setelah melalui penilaian di tingkat nasional sekitar dua bulan lalu, hanya Wayang Suket Purbalingga yang berhasil lolos. Namun sesuai ketentuan jika saat ini belum bisa lolos sebagai WBTB maka bisa didaftarkan kembali pada tahun 2021," imbuhnya.

Dihubungi secara terpisah, Badriyanto selaku pengrajin Wayang Suket Purbalingga merasa senang karena Wayang Suket Purbalingga bisa menjadi WBTB Tingkat Nasional Tahun 2020. Ini juga menjadi tugas bagi Badriyanto agar bisa melahirkan pengrajin-pengrajin Wayang Suket di desanya maupun di Purbalingga agar Wayang Suket tidak punah.

"Saya berencana untuk membuat sanggar belajar khusus Wayang Suket agar teknik pembuatannya tidak hanya berhenti sampai di saya saja," pungkas Badri.

(*)

IKUTI BERITA KUASAKATA.COM SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Terkait

Baca Juga

Terkini