BERITA

INSANI

NARASI

KIAT

PILKADA

SENGGANG

VIDEO

Akhir Februari China Luncurkan Long March-8 Y2

Roket tersebut juga dirancang untuk dapat diluncurkan dari darat maupun laut.

KUASAKATACOM, Beijing- Antara akhir Februari dan awal Maret 2022, direncanakan China untuk meluncurkan Roket pengangkut generasi barunya, Long March-8 Y2. Peluncuran tersebut akan dilakukan dari pulau Hainan, China selatan.

Hal itu diungkapkan narasumber dari Akademi Teknologi Kendaraan Peluncuran China (CALT) pada Jumat (21/1). CALT sendiri merupakan pembuat roket terkemuka di negara tersebut.

Usai diangkut menggunakan transportasi laut selama sepekan, dikabarkan pada Jumat (21/1), roket pengangkut itu telah tiba di pusat peluncuran pesawat antariksa Wenchang.

Roket tersebut selanjutnya, akan menjalani proses perakitan akhir serta pengujian di situs peluncuran. Misi roket Long March-8 tersebut, dijadwalkan menjadi peluncuran roket pertama yang dilaksanakan China pada tahun ini.

Long March-8 sebagai roket pengangkut dua-tahap dengan daya angkut medium, memiliki panjang 50,3 meter, dengan berat lepas landas 356 ton. Selain itu, roket tersebut menggunakan propelan cair dengan kapasitas 5 ton menuju orbit sinkron matahari pada ketinggian 700 kilometer.

Roket tersebut juga dirancang untuk dapat diluncurkan dari darat maupun laut, roket itu terbang perdana pada 22 Desember 2020 dari situs peluncuran Wenchang di pesisir.

Roket tersebut mengisi celah dalam kemampuan peluncuran antariksa China ke orbit sinkron matahari dan memenuhi kebutuhan misi peluncuran berdensitas tinggi untuk pesawat antariksa orbit sedang dan rendah.
 

(*)

IKUTI BERITA KUASAKATA.COM SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Terkait

Baca Juga

Terkini