BERITA

INSANI

NARASI

KIAT

PILKADA

SENGGANG

VIDEO

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Pengantin Baru Wajib Baca Ini, Tata Cara dan Doa Berhubungan Suami Istri

Setelah hubungan seksual selesai, pasangan suami istri dianjurkan mengakhirinya dengan membaca doa.

Lebaran telah usai, namun masih ada serangkaian tradisi dan kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia setelah Lebaran. Diantaranya yakni melangsungkan pernikahan di Bulan Syawal. Pada Bulan Syawal, sering kali dipilih oleh pasangan kekasih untuk mengabadikan hubungan dengan tali pernikahan. Hal tersebut ternyata dilakukan berdasar pada suatu hadits sahih yang diriwayatkan oleh Sayyidatina Aisyah radhiyallahu'anha: 

"Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menikahiku pada bulan Syawwal dan berkumpul denganku pada bulan Syawwal, maka siapa di antara istri-istri beliau yang lebih beruntung dariku?” ( HR Muslim no. 2551, At-Tirmidzi no. 1013, An-Nasai no. 3184, Ahmad no. 23137 ).

Imam An Nawawi menjelaskan bahwa dalam hadits di atas terdapat anjuran untuk menikahkan, menikah, dan membangun rumah tangga pada Bulan Syawal. Oleh karena itu, tak sedikit pasangan kekasih yang sudah sah menjadi pasangan suami istri atau pengantin baru di Bulan Syawal.

Namun, sebelum melakukan malam pertama atau berhubungan suami istri, alangkah baiknya jika dimulai dengan membaca tata cara dan adab berhubungan suami istri sesuai dengan kaidah yang disunnahkan Rasulullah SAW.

Sahabat KUASAKATACOM yang dirahmati Allah Ta'ala, diantara sunnah yang dianjurkan sebelum berhubungan suami istri yakni melakukan salat sunnah dua rakaat bersama-sama. Setelah itu, dianjurkan pula untuk berdoa kepada Allah Ta'ala agar hubungan suami istri yang akan dilakukan mendapat berkah.

Kali ini, penulis akan membagi doa berhubungan suami istri menjadi tiga bagian. Yang pertama yakni doa ketika hendak berhubungan seksual, yang kedua doa saat mengeluarkan sperma, dan yang ketiga yakni doa setelah selesai melakukan hubungan seksual.

1. doa sebelum berhubungan suami istri

Sahabat KUASAKATACOM yang dirahmati Allah Ta'ala. Ada sejumlah doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh sepasang suami istri sebelum berhubungan seksual. Salah satunya adalah:

"Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa."

Yang artinya: "Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami."

Selain itu, ada juga doa lain yang dianjurkan untuk dibaca sebelum melakukan hubungan suami istri yang berbunyi:

"Allaahumma innii as'aluka min khairihaa wa khairi maa jabaltahaa 'alaihi, wa a'udzabika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa 'alaihi," HR Abu Daud.

Yang artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya (istri) serta kebaikan apa yang telah Engkau berikan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan (istri) serta keburukan apa yang Engkau timpakan kepadanya."

2. doa ketika mengeluarkan sperma

Dengan membaca doa ini, diharapkan agar sperma yang keluar dapat menghasilkan keturunan yang saleh dan salehah yang diberkahi Allah Ta'ala. Adapun doany adalah sebagai berikut:

"Allahummaj'alnuthfatanaa dzurriyyatan thayyibah." Yang artinya: "Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh)."

3. doa ketika selesai berhubungan suami istri

Setelah hubungan seksual selesai, pasangan suami istri dianjurkan mengakhirinya dengan membaca doa:

"Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa." Yang artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)."

Sahabat KUASAKATACOM yang dirahmati Allah Ta'ala, itu tadi adalah tata cara dan adab berhubungan suami istri sesuai dengan kaidah yang disunnahkan Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat, Aamiin.

(*)

IKUTI BERITA KUASAKATA.COM SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Terkait

Baca Juga

Terkini