Presiden RI Joko Widodo

Presiden RI Joko Widodo

Presiden Minta Kepala Daerah untuk Jaga Ketersediaan Bahan Pokok Pangan

Saya ingatkan lagi Menteri Dalam Negeri agar menjaga gubernur, bupati, wali kota diingatkan untuk menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok. Membuat perkiraan ke depan sehingga kita bisa memastikan tidak terjadi kelangkaan bahan pokok"

Senin, 13 April 2020 | 11:07 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/4/2020), meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mengingatkan Gubernur, bupati, dan walikota terkait ketersediaan Bahan Pokok Pangan.

"Saya ingatkan lagi untuk mungkin ini Pak Menteri Dalam Negeri agar menjaga gubernur, bupati, wali kota diingatkan untuk menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok. Membuat perkiraan-perkiraan ke depan sehingga kita bisa memastikan tidak terjadi kelangkaan bahan pokok dan harga yang masih terjangkau," kata Jokowi.

BERITA TERKAIT:
461 Anak di Brebes Jadi Yatim-Piatu Akibat Covid-19, Baznas Berikan Santunan
Sempat Pamit dari Medsos, Deddy Corbuzier Ternyata Terpapar Covid-19
28 Anak di Klaten Jadi Yatim Piatu Lantaran Ortu Meninggal Covid-19
Gibran Terpapar Covid-19: Saya Sehat Tanpa Gejala
Ganjar: Situasi Sekarang Sedang Tidak Baik-baik Saja!

Presiden menambahkan peringatan dari Badan Pangan Dunia (FAO) agar benar-benar diperhatikan, sebab pandemi Corona bisa berdampak pada kelangkaan kesidiaan pangan dunia.

"Saya garis bawahi mengenai peringatan bahwa pandemi COVID-19 ini bisa berdampak pada kelangkaan pangan dunia atau krisis pangan dunia. Ini betul-betul harus kita pastikan. Mungkin panen yang ini baik tetapi panen nanti yang pada penanaman yang ke.. bulan Agustus September yang kedua ini betul-betul dilihat secara detail sehingga tidak mengganggu produksi, rantai pasok, maupun distribusi dari bahan-bahan pangan yang ada," Lanjut Presiden.

Presiden juga mengingatkan adanya dampak sosial ekonomi terkait pandemi COVID-19, sehingga Presiden minta Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Mentri Sosial Juliari Batubara segera berkoordinasi terkait hal tersebut.

"Saya minta Menteri Sosial, Menteri Keuangan, minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat, sangat mendesak sekali, baik yang berkaitan dengan Kartu Pra Kerja, baik yang berkaitan dengan PKH, baik yang berkaitan dengan bantuan sosial langsung, baik yang berkaitan dengan kartu sembako, baik yang berkaitan dengan pembagian sembako di Jabodetabek, semuanya harus jalan, minggu ini," perintah Presiden.

***

tags: #virus corona #kemendagri #bahan pokok pangan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI