Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agutina Wilujeng Pramestuti, SS, MM, (kedua dari kanan)  foto bersama dengan pengisi acara kegiatan Bimtek yang diadakan di MG Setos Semarang.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agutina Wilujeng Pramestuti, SS, MM, (kedua dari kanan) foto bersama dengan pengisi acara kegiatan Bimtek yang diadakan di MG Setos Semarang.

Kemenparekraf dan DPR RI Ajak Milenial Promosikan Pariwisata di Saat Pandemi

Para peserta bimtek bisa mempromosikan tempat-tempat yang belum terkenal

Jumat, 09 Oktober 2020 | 19:20 WIB - Didaktika
Penulis: Firin . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama DPR RI Komisi X memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada para milenial dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dalam upaya mempromosikan pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bimtek tersebut diinisiasi oleh Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM, diadakan di MG Setos, Jalan Petempen, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/10). Bimtek itu mengusung konsep pariwisata dengan menerapkan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability).

BERITA TERKAIT:
Buka Bimtek Desain Produk untuk Pelaku Ekraf, Mbak Ita: Destinasi Wisata Kota Semarang Komplit
Kemenparekraf Adakan Bimtek Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan di Kota Semarang
PDI Perjuangan Adakan Halal Bihalal Pimpinan Parpol di Jateng
DPC Eks Karesidenan Kedu All Out Dukung Bambang Wuryanto Maju Pilgub Jateng
Kader PDI Perjuangan se-Eks Karesidenan Pati Bulat Dukung Bambang Pacul Maju Pilgub Jateng

Agustina Wilujeng Pramestuti atau akrab disapa Agustina berharap dalam angkatan bimtek yang ketiga ini, selain bisa mempromosikan wisata daerahnya masing-masing, peserta bimtek juga diharapkan bisa menjadi jurnalis professional.

“Ini angkatan ketiga dalam bimtek, saya berharap koresponden majalah internal kita, yang akan kita minta mempromosikan wisata di daerahnya masing-masing, juga nantinya bisa menjadi jurnalis profesional. Jurnalis itu macam-macam ada karya jurnalistik, bisa berita, bisa foto dan reportase," terangnya.
 
Agustina juga berharap para peserta bimtek bisa mempromosikan tempat-tempat yang belum terkenal “Pariwisata itu tidak hanya lokasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, tetapi komunitas-komunitas kecil bisa menciptakan karya tempat wisata. ini yang saya mau. Kalau wisata sudah menggeliat, maka perekonomian akan tumbuh,” lanjutnya.

Sementara itu, Koordinator Promosi Direktorat Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran (MICE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Titik Wahyuni merasa optimis pariwisata di Indonesia akan bangkit di tengah pandemi. 

Titik juga berharap adanya kerjasama antara kementerian dan anggota dewan bisa memberikan konten atau hal- hal penting yang bisa disampaikan kepada peserta bimtek. 

Kemenparekkraf juga berupaya keras agar ekonomi segera tumbuh di tengah pandemi. “kami kementrian pariwisata ekonomi kreatif berpikir keras agar bagaimana supaya aktifitas ekonomi tetap jalan, misalnya dengan mendorong pariwisata, tetapi tetap melaksanakan protokol kesehatan sehingga kami membuat panduan CHSE untuk beraktifitas aman. Sehingga saat berwisata juga aman,” ucapnya.

Selanjutnya menurut Kepala Disbudpar kota semarang Indriyasari mengucapkan terimakasih kepada kementerian pariwisata ekonomi kreatif dan Komisi X DPR RI. 

“saya mengucapkan terimakasih atas suport dan dukungan yang luar biasa bagi kota semarang yang mendapatkan perhatian dari kementrian pariwisata ekonomi kreatif dan anggota Komisi X DPR RI," katanya.

Iin juga menambahkan dalam pandemi ini, pariwisata memerlukan upaya khusus untuk membangkitkannya lagi. 

“Tentunya di era pandemi ini sektor pariwisata memang memerlukan suatu usaha dan upaya yang luar biasa untuk dapat bangkit kembali, sehingga apa yang kita dapatkan pada bimtek ini. Peserta dapat mempelajari yang di sampaikan oleh para narasumber sehingga kita dapat menerapkannya dan menunjukan bahwa kita generasi muda bisa menumbuhkan pariwisata di Indonesia,” jelasnya.

***

tags: #agustina wilujeng #milenial #kemenparekraf #komisi x dpr

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI