Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pekalongan Sutarno, Foto: Istimewa

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pekalongan Sutarno, Foto: Istimewa

Pemkot Pekalongan Canangkan Gerkan BISA untuk Bangkitkan Pariwisata

Gerakan BISA bertujuan menjadikan tempat wisata lebih diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Selasa, 20 Oktober 2020 | 07:06 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Pekalongan - Pemkot Pekalongan Jawa Tengah mencanangkan gerakan Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (BISA) untuk membangkitkan tiga pariwisata di tengah pandemi corona. Ketiganya ditata dan dibersihkan masyarakat atau pelaku usaha melalui kegiatan program padat karya.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Pekalongan Sutarno mengungkapkan Gerakan BISA yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini akan terus dikembangkan.

BERITA TERKAIT:
Pemkot Pekalongan Dorong Pelaku Usaha RPH Miliki Sertifikat Halal
Pemkot Pekalongan Tetap Layani Adminduk di Waktu Lebaran 
Pemkot Pekalongan Luncurkan Aplikasi Pembayaran Nontunai
Pemkot Pekalongan Lengkapi Wahana Taman Wisata Pasir Kencana
Pemkot Pekalongan Perkuat Program Mitigasi Bencana

"Sudah ada tiga Kampung Wisata yang kami masukkan pada Gerakan BISA yaitu Kampung Wisata Religi Sapuro, Kampung Batik Pesindon, dan Kampung Wisata Batik Kaumqan," ungkapnya, Senin (19/10).

Ia menyatakan Gerakan BISA bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif terutama dalam menangani dan meningkatkan aspek kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di destinasi wisata itu.

"Kami berharap dengan adanya Gerakan BISA ini dapat membantu merealisasikan tempat wisata seperti destinasi wisata yang viral dan semakin diminati oleh pengunjung," imbuhnya.

Ia menambahkan, pencanangan Gerakan BISA yang menggunakan dana intensif daerah (DID) ini mendukung sarana dan prasarana yang ada di kampung wisata tersebut dalam menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru.

Ia mengaku optimistis melalui Gerakan BISA ini akan dapat menjadikan tempat wisata di daerah menjadi lebih diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Kalau sudah bersih, indah, sehat dan aman, kurang apalagi, semua sudah komplit, dan pasti wisatawan banyak yang datang berkunjung ke daerah ini. Tentunya, hal itu otomatis perekonomian masyarakat setempat akan meningkat," pungkasnya.

***

tags: #pemkot pekalongan #gerakan bisa #membangkitkan tiga pariwisata #di tengah pandemi corona

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI