RSUD Pandan Arang, Boyolali. Foto: Istimewa.

RSUD Pandan Arang, Boyolali. Foto: Istimewa.

Bed Pasien Corona di RSPA Boyolali Penuh, Padahal Penambahan Kasus Covid-19 Turun

Terdapat tambahan kasus baru Corona di Boyolali sebanyak 249 pada Jumat (16/7/2021).

Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:27 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Boyolali – tempat tidur pasien Covid-19 di RSUD Pandan Arang (RSPA) Boyolali, Jawa Tengah, per Jumat (16/7/2021) masih penuh. Meski begitu, jumlah penambahan kasus Covid-19 di Kota Susu mengalami penurunan.

Berdasarkan update kasus baru Covid-19 di situs resmi Dinas Kesehatan Boyolali, jumlah pertambahan kasus Corona beberapa hari ini terakhir mengalami penurunan. Pertambahan kasus baru di angka 300-an pada Kamis (15/7) . Sedangkan update hari Jumat (16/7), pukul 14.12 WIB, terdapat tambahan kasus baru Corona di Boyolali sebanyak 249.

BERITA TERKAIT:
Kemenag Sebut Vaksin COVID-19 Jadi Syarat Berangkat Haji
Profil Komjen Dharma Pongrekun, Perwira Tinggi yang Ungkap Covid-19 Sudah Direncanakan 
Apa itu Rockefeller Foundation yang Disebut sebagai Dalang Pandemi Covid-19 
Jenderal Bintang 3 Ungkap Covid-19 adalah Pandemi yang Direncanakan, Ini Dalangnya 
Vaksin Covid-19 Kini Berbayar, Berapa Harganya? 

Kasus aktif sebanyak 3.347 terdiri 349 dirawat dan 2.298 menjalani isolasi mandiri. Untuk pasien yang selesai menjalani isolasi atau dinyatakan sembuh hari ini sebanyak 510. Disebutkan pula, hari ini terdapat 11 kasus kematian akibat Covid-19, sehingga total yang meninggal dunia sejumlah 772 atau angka kematian 4,2 persen.

Direktur RSUD Pandan Arang (RSPA) Boyolali, Siti Nur Rokhmah Hidayati menyebut bahwa seluruh bangsal untuk perawatan pasien Corona di RSPA per Jumat masih penuh. Kemudian untuk Brotowali 2 atau Rumah Sakit Darurat (RSD) sudah terisi 26 pasien. RSD Covid-19 yang menempati Rusunawa di Keluharan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali itu memiliki kapasitas 72 tempat tidur.

"Brotowali 2 tetap dipakai. Brotowali 2 dari kapasitas 72, terisi 26 (pasien)," tuturnya.

Namun, pemandangan berbanding terbalik terlihat di Brotowali 3. Pasalnya, tempat isolasi terpusat pasien Corona yang menempati gedung PGRI Singkil, Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali Kota, itu sampai hari ini belum ada pasien C-19 yang masuk ke gedung tersebut.

"Kalau Brotowali 3 itu kan tempat isolasi terpusat Kabupaten Boyolali dan harapan kami nggak terisi dan alhamdulillah sampai saat ini (hari ini) belum terisi juga," jelasnya.

Meski begitu, kata dia, perawatan pasien Covid-19 mulai lancar. "Kalau melihat kasusnya ini kita sudah mulai lumayan lancar. Mudah-mudahan ini pertanda mulai menurun juga (kasus Covid-19). Tapi memang masih penuh, BOR (Bed Occupancy Rate) kita masih penuh, karena memang rujukan (rumah sakit Covid-19)," kata , Jumat (16/7/2021).

Disinggung soal ketersediaan oksigen, ia menyatakan masih mencukupi. Bahkan, oksigen baik yang liquid maupun tabung terisi penuh pagi ini.

"Tadi pagi terisi penuh, insyaAllah aman. Kapasitas (oksigen) kita tiga ton," tukasnya.

***

tags: #covid-19 #boyolali #tempat tidur #rspa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI