2.441 Perempuan Menjanda di Pati, Ternyata Ini Penyebabnya 

"Rata-rata masalah ekonomi. Suami dianggap tidak mampu menafkahi sepenuhnya. Kasusnya Tahun ini lebih banyak,” tandasnya.

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:55 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Pati - Kantor Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Pati mencatat angka perceraian mencapai 2.441 perkara pada triwulan ketiga 2022. Kebanyakan kasus perceraian disebabkan oleh permasalahan ekonomi. 

Hakim Juru Bicara PA Pati Sutiyo mengatakan, mayoritas perceraian diajukan oleh pihak istri. Alasannya lantaran faktor ekonomi. Suami dianggap tidak mampu menafkahi istri secara lahir.

BERITA TERKAIT:
Penipuan dengan Modus Pacari Janda, Pria Asal Blora Ditangkap Polisi di Terminal Ngawi 
Bongkar Perselingkuhan Suami dengan Adek Kelas, Selebgram Hanum Mega: Siap Menjadi Janda Wonder Mommy 2023
PDIP Buka Suara Soal TikToker Awbimax Sebut Megawati Soekarnoputri sebagai 'Janda'
Siang Bolong Bulan Puasa, Pasangan Duda-Janda Digrebek Satpol PP Kudus Pas Lagi "Wikwik"
Terungkap Pembunuh Janda di Kudus, Ternyata Anak Sendiri

perceraian sudah sampai 2.441 perkara. Rata-rata masalah ekonomi. Suami dianggap tidak mampu menafkahi sepenuhnya. Kasusnya Tahun ini lebih banyak,” tandasnya.

Dia menambahkan, dalam beberapa kali persidangan perceraian, mayoritas masyarakat tertekan dengan kebutuhan sehari-hari. Ini akibat perekonomian yang belum stabil usai pandemi Covid-19.

Lanjut dia, kenaikan BBM dalam dua bulan ini menyebabkan harga barang melambung. Sementara, penghasilan sang suami tetap.

”Jadi timbul permasalahan ekonomi. Sebenarnya penyebab perceraian ini banyak. Namun, saat persidangan mayoritas alasan ekonomi tak mampu,” paparnya.

Di samping itu, saat kenaikan BBM angka perceraian juga banyak. Pada Agustus-September angka perceraian naik 600 perkara.

”Pekan pertama pada Agustus kasus perceraian mencapai 1.850 perkara. Lalu pada di Oktober minggu pertama naik tajam menjadi 2.441 perkara,” imbuhnya.

***

tags: #janda #pati #pengadilan agama #perceraian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI