Akses BRT Terbatas, Undip Semarang Sediakan Empat Bus untuk Mobilitas Mahasiswa

Kehadiran bus kampus akan sangat membantu karena transportasi umum yang sudah ada yakni BRT Trans Semarang aksesnya terbatas.

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 16:56 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan fasilitas bus kampus untuk mahasiswa. Prof Faisal SE MSi PhD selaku Wakil Rektor I bidang Akademik mengatakan bus kampus ini mulai beroperasi sejak awal bulan ini, tepatnya mulai Senin (3/10/2022). 

“Mengenai bus kampus, tujuannya diantaranya adalah untuk memfasilitasi mahasiswa berangkat dan pulang kuliah, menghindari kemacetan, juga memberikan kenyamanan dan keselamatan dibandingkan dengan berkendara sendiri,” kata Prof Faisal, Sabtu (15/10).

BERITA TERKAIT:
Demo Hari Buruh, Mahasiswa di Semarang Sesalkan Aksi Polisi
Kemendikbud Respon Mahasiswa Penerima KIP yang Gaya Hidup Hedon 
Nasib Mahasiswa UNDIP yang Hedon Padahal Terima KIP, Mundur dari Penerima Beasiswa 
Mahasiswa UNDIP Semarang Penerima KIP tapi Hidup Hedon, Postingannya: Beli Tas Mahal
Mahasiswa di AS Terus Teriakan Kemerdekaan Palestina 

Selain itu menurut Prof Faisal, ketersediaan fasilitas bus kampus turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni tujuan ketiga kesehatan yang baik dan kesejahteraan. 

“Berkurangnya kendaraan pribadi di lingkungan kampus dengan adanya fasilitas bus kampus akan berdampak pada berkurangnya polusi udara dan polusi suara dari kebisingan deru kendaraan yang berpengaruh pada kualitas kesehatan. Kualitas kesehatan mahasiswa terjaga, dan juga sejahtera, karena lebih hemat pengeluaran dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi,” jelasnya.

Menurutnya kehadiran bus kampus akan sangat membantu karena transportasi umum yang sudah ada yakni BRT Trans Semarang aksesnya terbatas, belum menjangkau semua Fakultas.

bus kampus beroperasi mulai pukul 07.00 – 17.00 wib. Sementara saat ini masih tersedia empat armada bus kampus. Adapun rute sementara yang dilalui bus kampus masih terbatas di lingkungan kampus dengan beberapa titik pemberhentian,” tandas dia.

***

tags: #mahasiswa #brt #universitas diponegoro #bus kampus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI