Mahasiswa Magang BBPJT Gelar Webinar Pelestarian dan Dokumentasi Bahasa Daerah

Prembayun menjelaskan bahwa saat ini sebagian besar orang tua menggunakan bahasa pengantar dalam keluarga.

Kamis, 20 Oktober 2022 | 08:12 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Mahasiswa magang Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) menggelar webinar bertajuk “Pelestarian dan Pendokumentasian bahasa daerah melalui Anju Digital” melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa, (18/10/2022). 

Acara tersebut menghadirkan empat narasumber yaitu Dr. Raden Arief Nugroho MHum selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro (Udinus); Dr Prembayun Miji Lestari, M Hum selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang (Unnes); Dr Muljono S Si MKom selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Udinus; serta Ema Rahardian MHum selaku Koordinator KKLP Perkamusan dan Peristilahan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. 

BERITA TERKAIT:
Gandeng UPT Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta, BBPJT Laksanakan Matrikulasi bagi Mahasiswa Asing
BBPJT Resmi Buka Pendaftaran Duta Bahasa Jawa Tengah 2024
Dekatkan Siswa ke Bahasa Jawa, BBPJT Gelar Bimtek Pengajar Utama SD
BBPJT: Penamaan Anak Pengaruhi Kelestarian Bahasa Daerah
BBPJT Kembali Gulirkan Program Revitalisasi Bahasa Daerah

Webinar hasil kolaborasi mahasiswa magang Unnes dan Undip dengan KKLP Perkamusan dan Peristilahan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) ini diikuti oleh 138 peserta, yang meliputi mahasiswa, guru, Pendidikan Profesi Guru (PPG), dosen, pelajar, serta masyarakat umum dari berbagai daerah. 

Ganjar Harimansyah selaku Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, mengatakan bahwa pelestarian dan pendokumentasian bahasa daerah ini merupakan salah satu kegiatan yang mendukung tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa). Ketiga program prioritas itu asalah literasi, pelindungan bahasa daerah, dan penginternasionalan bahasa Indonesia. 

“Pelestarian dan pendokumentasian bahasa daerah ini bisa melingkupi dua dari tiga program prioritas itu, yaitu untuk melindungi bahasa daerah dan untuk mendukung literasi,” ungkap Ganjar, dalam siaran persnya, Rabu (19/10/2022)

Sementara itu, Prembayun Miji Lestari mengungkapkan bahwa pelestarian merujuk pada upaya ataupun proses menjaga, melindungi, dan mengembangkan sesuatu agar tidak punah, dalam hal ini bahasa dan sastra Jawa. 

“Penelitian yang dilakukan oleh Badan Bahasa mengungkap kondisi bahasa Jawa saat ini perlu menjadi perhatian penting. Oleh karena itu, lahirlah beberapa program yang dieksekusi oleh Badan Bahasa, salah satunya adalah Festival Tunas Bahasa Ibu,” jelas Prembayun.

Prembayun menjelaskan bahwa saat ini sebagian besar orang tua menggunakan bahasa pengantar dalam keluarga atau bahasa harian bukan bahasa daerah lagi, tetapi bahasa asing atau dominan bahasa Indonesia. 

“Saat ini posisi bahasa Indonesia atau bahasa asing mendominasi percakapan di rumah tangga yang notabene memang basisnya adalah masyarakat Jawa,” tambahnya.

Raden Arief Nugroho menyatakan bahwa upaya untuk mendokumentasikan bahasa, dalam beberapa teori, terbatas pada kasus-kasus bahasa yang sudah ditinggalkan, atau kasus-kasus seperti budaya Jawa yang mungkin banyak generasi muda yang sudah tidak tahu. Dalam konteks percakapan atau bahasa tercampur, apabila masih digunakan, secara statistik bahasa tersebut masih merupakan bahasa yang aman atau masih digunakan. Frekuensinya tidak terlalu rendah atau masih tinggi.

“Kata-kata dari budaya Jawa, seperti olahan singkong, apabila diujicobakan kepada saya, mungkin bisa salah semua jawabannya. Pemerintah sudah berusaha memberikan padanan yang tepat untuk istilah-istilah tersebut. Mungkin kurangnya informasi atau kesenjangan dari pengguna bahasa tersebut membuat para pengguna tetap menggunakan kosakata-kosakata asing yang lebih familier,” terangnya.

Arief menuturkan bahwa salah satu upaya Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Udinus dalam mempertahankan bahasa daerah adalah pembuatan kamus budaya Jawa melalui anju (platform) digital. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui https://senaraiistilahjawa.kemdikbud.go.id/.

***

tags: #bbpjt #bahasa daerah #undip

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI