Bupati Banyumas Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Dalam upacara itu, Achmad Husein membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jumat, 02 Juni 2023 | 09:31 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Banyumas- Bupati Banyumas Achmad Husein menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, yang diadakan di Halaman Pendopo SiPanji, pada Kamis (1/06/23). 

Dalam upacara itu, Achmad Husein membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar dalam sambutannya mengajak masyarakat Banyumas untuk selalu mengingat sejarah demi menggali jati diri bangsa serta sebagai alat pemersatu.

BERITA TERKAIT:
Jelang Purna, Bupati Achmad Husein Lantik 81 Pejabat di Lingkungan Pemkab Banyumas
Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono Pamitan dengan ASN Kabupaten Banyumas
Bupati Banyumas Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Tiga Bupati Usulkan Perbaikan Jalan Baturraden-Serang-Belik ke Gubernur Ganjar
Bupati Banyumas Berikan Pin Emas Kepada Pedonor Darah

"Kita patut bersyukur, pada 2016 silam, Presiden Joko Widodo telah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Dengan penetapan itu kita tidak kehilangan sejarah," jelasnya.

Husein menambahkan desa-desa di Jawa Tengah, khususnya Desa Wisata mulai menggali sejarahnya masing-masing yang pada akhirnya melahirkan narasi yang memperkuat mental sekaligus optimisme warga.

"Dengan narasi dan optimisme warga yang terbangun akan tergerak secara optimal sebuah kemakmuran. Orang-orang desa tidak perlu lagi merantau karena mencari nafkah di kampung halaman sudah melimpah," ucap Husein.

Efek tersebut, jelas Husein dirasakan dengan mencetak sejarah surplus Indonesia terbesar dengan tembus USD 54,46 miliar dan sejak tahun 2020 Indonesia selalu mengalami surplus perdagangan di atas USD 20 miliar.

"Itulah optimisme pembangunan yang lahir setelah kita mengenal dan menghargai sejarah," pungkasnya.

upacara tersebut dihadiri oleh Forkompimda Kabupaten Banyumas, perwakilan ASN di lingkungan Setda Banyumas, TNI/Polri, Organisasi Masyarakat serta perwakilan pelajar Sekolah Menengah Atas di Purwokerto dan dikomandani oleh Kapten Inf. Sugeng.
 

***

tags: #bupati banyumas #achmad husein #hari lahir pancasila #upacara #ganjar pranowo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI