Edy Supriyanta: Pancasila Fondasi Satukan dan Lindungi Kebaragaman

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyambut baik rencana Penjabat Bupati terkait pembuatan perda tentang pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Rabu, 07 Juni 2023 | 20:28 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menyatakan jika Pancasila menjadi fondasi yang kuat untuk menyatukan dan melindungi keberagaman yang ada. Menurut Edy Pancasila menjadi ideologi, cara berfikir kolektif seluruh anak bangsa untuk merajut keberagaman yang ada untuk tetap terhubung dalam bingkai NKRI. 

Edy menyampaikan hal itu saat Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jepara di Pendapa Kartini, Rabu (7/6/2023).

BERITA TERKAIT:
Edy Supriyanta Buka Bazar UMKM di Alun-alun Jepara 
Kabupaten Jepara Catatkan Rekor Dunia Penyajian Pindang Serani Terbanyak
Ribuan Perempuan Jepara Ikut Meriahkan Karnaval Kartini
Hadiri Halal Bihalal, Pj Bupati Jepara Apresiasi Peran Ulama
Pj Bupati Lepas Kafilah Jepara ke MTQ Tingkat Jateng

"Generasi muda harus terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan cara bangga menjadi warga negara Indonesia. Menjadi bagian dari pewaris budaya sekaligus mengenali budaya dan etnik lain. Termasuk memperkuat identitas bangsa dengan prestasi," kata Edy.

Di hadapan Kepala BPIP Yudian Wahyudi dan ratusan kader Ansor Jepara, orang nomor satu di Jepara itu menyampaikan jika kehidupan bertoleransi di Jepara sudah nyata adanya. Perbedaan dan keberagaman bukan jadi halangan untuk tetap menjaga persatuan dan keharmonisan.

"keberagaman suku bangsa, agama dan budaya di Jepara sudah jadi satu kesatuan yang penting sehingga kami tetap harmonis," imbuhnya.

Dalam mewujudkan komitmen ini, lanjut Edy,  pihaknya berencana membuat satu Peraturan Daerah (Perda) Tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Sebelum diusulkan ke legislatif, rancangan perda tersebut terlebih dulu akan dia konsultasikan ke BPIP. "Saat ini sedang kita susun konsepnya. Nanti mohon dukungan dan arahan dari Bapak (Kepala BPIP) sehingga bisa terlaksana di Jepara," jelas Edy.

Sementara itu, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyambut baik rencana Penjabat Bupati terkait pembuatan perda tentang pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan. Yudian menyebut pihaknya siap membuka ruang komunikasi seluas-luasnya. 

"Refleksi Pancasila harus bisa diimplementasikan dengan baik kepada seluruh generasi anak bangsa tanpa terkecuali. Harus paham dan mengerti bagaimana sejarah bangsa ini di masa lalu," jelasnya.

Sosialisasi ini juga menghadirkan sejumlah narasumber. Yakni Ketua PC GP Ansor Jepara Periode 2017-2021 Syamsul Anwar, Rektor IAIN Kudus Abdurrohman Kasdi, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Achmad Uzair dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara Mayadina Rohma Musfiroh.

***

tags: #pj bupati jepara #edy supriyanta #pancasila #kabupaten jepara #keberagaman

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI