Tiga Pemuda Bogor Tewas Tenggelam di Danau karena Jalani Ritual Pengobatan 

Kasus tersebut berawal saat 7 orang termasuk 3 korban melakukan ritual dengan mandi di pinggir danau.

Minggu, 16 Juli 2023 | 15:02 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Bogor - Tiga orang dilaporkan hilang akibat tenggelam di Danau Kuari, Kecamatan Cigudeng, Bogor. Peristiwa tersebut dilaporkan pukul 01.30 WIB pada Jumat (14/7). 

Ketiganya yaitu MDP (20), Badrussalam (25), dan Cecep (25), warga Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin. 

BERITA TERKAIT:
Kasus Tiga Pemuda Bogor Tewas Tenggelam karena Jalani Ritual Pengobatan, Guru Spiritual Ditetapkan Tersangka 
Tiga Pemuda Bogor Tewas Tenggelam di Danau karena Jalani Ritual Pengobatan 
Kronologi Tenggelamnya 3 Orang di Danau Kuari Bogor Usai Lakukan Ritual Pengobatan 

Mereka tenggelam saat melakukan ritual Pengobatan di danau tersebut bersama 4 orang lainnya. Kasus tersebut berawal saat 7 orang termasuk 3 korban melakukan ritual dengan mandi di pinggir danau.

Lalu, MDP terpeleset dan tenggelam. Korban tersebut sempat berteriak dan minta tolong kepada rekan-rekannya. Mengetahui kejadian tersebut, dua rekannya langsung ikut membantu. Nahas, keduanya ikut tenggelam bersama MDP. 

"Korban tidak bisa berenang, lalu dua rekan korban berusaha untuk menolong namun malah ikut terbawa dan tenggelam ke dalam danau, empat orang lainnya selamat," ujar Jalaludin, Staf Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Bogor

Petugas pun langsung menyisir danau hingga akhirnya menemukan korban dalam kondisi tewas pada Jumat sore. Tim SAR gabungan menemukan korban di kedalaman 4 meter di sekitar danau setelah korban dinyatakan hilang selama 16 jam.

Para petugas pun melakukan penyelaman untuk menemukan korban. Tujuan ritual tersebut adalah untuk menyembuhkan MDP (20) yang dianggap mengalami gangguan jiwa. 

Orangtua MDP pun membawa anaknya ke salah satu orang pintar atau dukun berinisial AN (51), di wilayah Cigudeg, Kabupaten Bogor

Informasi adanya dukun di wilayah tersebut didapatkan dari mulut ke mulut antar warga. Demi kesembuhan sang anak, orangtua MDP pun mengikuti ritual yang diminta oleh sang dukun.


 

***

tags: #danau kuari #bogor #ritual #pengobatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI