OMS Adakan Festival Inovasi Wujudkan Klaten Inklusif

OMS menjadi salah satu elemen mendukung pembangunan daerah.

Senin, 24 Juli 2023 | 04:25 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASKATACOM, Klaten - Simpul Sinau Bareng ( SSB) selaku jejaring organisasi masyarakat di Kabupaten Klaten mengadakan Festival Inovasi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) guna mewujudkan Klaten yang inklusif, Minggu (23/07/2023) di Halaman Gedung Wanita Kabupaten Klaten. Hadir dalam acara tersebut perwakilan Forkopimda, perwakilan OPD, Perwakilan Organisasi Masyarakat, Ketua Simpul Sinau Bareng, dan Disabilitas.

Acara Festival Inovasi OMS tersebut sangat menarik, karena acara tersebut juga mempraktekann uji akses layanan disabilitas terhadap layanan di area Gedung Wanita seperti layanan Samsat, dan fasilitas yang ramah disabilitas di area Gedung Wanita Klaten. Festival OMS tersebut juga dimeriahkan dengan berkolaborasi dengan UMKM dan Hiburan dari teman-teman disabilitas.

BERITA TERKAIT:
OMS Adakan Festival Inovasi Wujudkan Klaten Inklusif

Ketua Panitia, Sri Supriyani menyampaikan tujuan diadakan festival OMD guna mengenalkan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) sebagai kelembagaan dan akuntabilitas di Klaten.

Sri juga menjelaskan selanjutnya guna menguatkan jejaring dengan pelaku penerima maanfaat dari OMS.

“Mengingat di Kabupaten Klaten terdapat 97 organisasi masyarakat dan OMS yang aktivitasnya organisasi tidak terpantau perkembangannya,” kata Sri.

Sri juga memaparkan banyak OMS yang melakukan pemberdayaan dan pendidikan yang belum dikenal.

“Untuk itu guna menunjukkan kontribusi masyarakat disabilitas dan marjinal butuh event khusus. Sehingga Simpul sinau bareng mengadakan Festival Inovasi Inovasi diskusi, hiburan, produk UKM yang dilaksanakan diarea Car Free Day sehingga dapat menarik Pengunjung ke area festival. Selanjutnya akan dikolaborasikan nantinya dengan event hari anak nasional dengan menjadikan Isu inklusif akan dikaitkan perlindungan anak bersama Dissosp3akppkb,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Klaten yang diwakili Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klaten, Sugeng Haryanto menyampaikan OMS menjadi salah satu elemen mendukung pembangunan daerah.

“OMS ini upaya meningkatkan eksistensi agar meningkatkan pembangunann daerah dengan menghadirkan goverment kolaborasi organisasi. Guna menciptakan elemen masyarakat sebagai input utama menghasilkan pembangunan yang tepat guna,” jelasnya.

Sugeng memaparkan Simpul Sinau Bareng memperkenalkan OMS kepada masyarakat dapat berkembang dan menjadi wadah berkolaborasi organisasi.

“Harapannya OMS menjadi media meningkatkan memampuan pemerintah dan Kabupaten Klaten lebih dikenal oleh masyarakat. OMS di Klaten harus terus inovasi dan berbenah dengan perubahan meningkatkan kualitas dan dengan itu kepercayaan publik akan meningkat,” terang Sugeng.

***

tags: #organisasi masyarakat sipil #festival inovasi #bupati klaten

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI