Tipu Seorang ASN, TNI Gadungan Berpangkat Letkol Ditangkap di Depok

Kasus penipuan dilakukan oleh pelaku dengan menawarkan kepada korban untuk membantu urusan surat surat tanah.

Minggu, 17 September 2023 | 18:29 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Depok - Seorang pria berinisial Rahmad Nudin (36) ditangkap jajaran Intel Kodim Depok lantaran nekat menjadi anggota TNI gadungan. Pelaku yang mengaku sebagai anggota TNI berpangkat letnan kolonel (letkol) itu ditangkap usai menipu seorang pegawai negeri sipil (PNS).

Kepala Urusan (Kaur) Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi menerangkan bahwa pelaku mengaku bertugas di Badan Intelijen Strategis.

BERITA TERKAIT:
Kepergok Hendak Balap Liar, Belasan Remaja Dikukut Polisi
Komplotan Maling Beraksi di Perumahan Berportal, Aksi Nekatnya Bikin Geleng Kepala
Polisi Amankan Empat Pelaku Tawuran di Bekasi, Busur dan Anak Panah Disita
Polisi Enam Remaja karena Bangunkan Sahur dengan Petasan 
38 Remaja Diamankan saat SOTR, Lima Positif Narkoba

"Rahman Nudin mengaku sebagai perwira TNI berpangkat letnan kolonel yang bertugas di Badan Intelijen Strategis," ujarnya.

Dalam aksinya, kata Made, pelaku menggunakan modus menawarkan bantuan pengurusan surat surat tanah kepada korban pada bulan Maret 2022.

Korban akhirnya sepakat dengan terlapor untuk mengurus pengurusan pemisahan SHM dan perbaikan data letak tanah dengan kesepakatan harga pengurusan sebesar Rp8 juta.

"Dijanjikan selesai sekitar 3-4 bulan, tetapi sampai saat ini tidak selesai dan uang korban tidak dikembalikan. Korban laporan ke Babinsa dan didalami oleh unit intel," tuturnya.

Pelaku RN berhasil ditangkap pada Jumat (15/9/2023) malam. Dia ditangkap oleh jajaran Intel Kodim Depok dan diserahkan ke Mapolres Metro Depok beserta barang bukti pakaian dan atribut TNI.

"Diserahkan ke Polres Metro Depok dari pihak Kodim Depok dikarenakan telah menggunakan pakaian dan atribut lengkap TNI AD berpangkat letkol," tukasnya.

***

tags: #depok #penipuan #tni gadungan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI