Masjid Agung Kota Magelang Hari ini Laksanakan Salat Jumat

Jamaah hanya bisa masuk melalui pintu sebelah selatan dengan berjalan kaki dan setiap orang dilakukan pengukuran suhu badan sebelum masuk masjid,"

Jumat, 05 Juni 2020 | 15:47 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Magelang - Setelah selama pandemi COVID-19 tidak difungsikan untuk shalat berjamaah maupun kegiatan keagamaan lainnya, hari ini (5/6/2020) Masjid Agung Kota Magelang yang berada di sebelah barat Alun-Alun "Kota Getuk" itu mulai menyelenggarakan Salat Jumat

Anggota Takmir Masjid Agung Kota Magelang Puji Hartono di Magelang, Jumat (5/6), mengatakan hari ini merupakan penyelenggaraan Salat Jumat pertama setelah sekitar tiga bulan masjid tersebut ditutup untuk kegiatan keagamaan.

BERITA TERKAIT:
Sambangi Ponpes Bugen Al Iqton, Yoyok Sukawi Dapat Doa untuk PSIS
Doa Agar Disegerakan Naik Haji dan Umrah
Imbauan Tak Salat Jumat di Masjid Munculkan Pro Kontra
Masjid Agung Surakarta Mulai Gelar Salat Jumat 12 Juni
Masjid Agung Kota Magelang Hari ini Laksanakan Salat Jumat

"Selama pandemi COVID-19 ini semua kegiatan di masjid ini ditiadakan, baik pengajian, salat wajib lima waktu, termasuk Salat Jumat," ucapnya.

Tempat ibadah di pusat Kota setempat itu, ungkap Puji, memang hari ini sudah digunakan untuk Salat Jumat, namun untuk kalangan terbatas, yakni umat di sekitar Masjid Agung.

Guna mengantisipasi orang luar lingkungan masjid ikut Salat Jumat, imbuh Puji, maka gerbang utama masjid ditutup sehingga kendaraan tidak bisa masuk halaman masjid. "Jamaah hanya bisa masuk melalui pintu sebelah selatan dengan berjalan kaki dan setiap orang dilakukan pengukuran suhu badan sebelum masuk masjid," katanya.

Penyelenggaraan Salat Jumat itu, memperhatikan protokol kesehatan, yakni jamaah harus menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan barisan umat yang salat dengan jaga jarak. "Bagi mereka yang tidak memakai masker, kami minta untuk memakainya dan yang tidak membawa masker kami menyediakan masker, tetapi dalam jumlah terbatas," lanjutnya.

Puji melanjutkan dalam Salat Jumat itu, tidak seperti biasanya, di mana waktu khotbah hanya dibatasi maksimum 15 menit dan jamaah tidak saling bersalaman.

Sabar, seorang warga sekitar Masjid Agung Kauman, mengaku sudah kangen untuk Salat Jumat di Masjid Agung setelah sekitar tiga bulan tidak digunakan untuk Salat Jumat. "Alhamdulillah hari ini sudah menyelenggarakan Salat Jumat, meskipun harus dengan protokol kesehatan yang ketat, namun kami maklum karena semua itu untuk kebaikan di tengah pandemi COVID-19 ini," katanya.

Pemerintah Kota Magelang membuka tempat ibadah untuk masyarakat melaksanakan kegiatan keagamaan mulai Jumat, dengan syarat masyarakat patuh pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

***

tags: #salat jumat #magelang #kota #physical distancing

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI