Antisipasi Dampak El Nino, Pemkot Surakarta Lakukan Rekayasa Pertanian

Diharapkan El Nino tidak memberikan dampak negatif pada hasil pertanian.

Sabtu, 13 Mei 2023 | 14:21 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Solo - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah melakukan koordinasi di tingkat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Hal tersebut sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako sebagai dampak dari El Nino.

"Hasil Pertanian dengan rekayasa Pertanian di bawah Dinas Pertanian sudah dilakukan. Harapannya para petani bisa mengikuti arahan dari dinas terkait untuk menjaga hasil produksi," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi di Solo, Jateng, Sabtu (13/5/2023).
 
Dengan demikian, kata dia, pasokan ke pasar juga lancar dan tidak berdampak signifikan terhadap harga bahan pokok, khususnya komoditas Pertanian. Sementara itu, saat ini harga komoditas Pertanian di sejumlah pasar tradisional di Solo masih dalam kondisi normal.
 
"Malah kemarin petani sempat menangis karena harga cabai rendah sekali. Kalau sekarang sudah berangsur stabil di kisaran Rp30.000/kg," katanya.

BERITA TERKAIT:
Antisipasi Dampak El Nino, Pemkot Surakarta Lakukan Rekayasa Pertanian

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Solo bukan daerah produksi sehingga harus menggandeng erat dengan pemasok bagaimana pasokan lancar. Termasuk mengenai kondisi iklim saat ini yang memberikan dampak terhadap komoditas Pertanian, menurut dia, juga dibahas dalam level Pertanian.
 
"Kalau curah hujan tinggi di bulan ini karena dampak itu, tanaman yang tidak boleh banyak kena banyak hujan itu sudah dikomunikasikan," katanya.
 
Terkait hal itu, pihaknya berharap agar El Nino tidak memberikan dampak negatif pada hasil Pertanian.
 
Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI berupaya memastikan harga sembako tetap stabil usai momentum Lebaran di mana biasanya terjadi lonjakan permintaan oleh masyarakat.
 
"Ketersediaan bahan pokok dan juga harga-harga alhamdulillah tadi disaksikan sendiri, kami dengan jajaran melihat kondisinya sangat kondusif," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat meninjau harga dan ketersediaan barang di Pasar Nusukan Solo, minggu lalu.
 
Terkait hal itu, pihaknya juga mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah berupaya memastikan harga sejumlah bahan pokok tetap stabil.
 
"Ini kami pertahankan dan tentunya mudah-mudahan, yang paling penting adalah pedagang tetap bisa berjualan dengan baik, konsumen membeli dengan harga terjangkau," katanya.

***

tags: #rakayasa pertanian #el nino #pertanian #surakarta

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI