Bahaya! Kemunculan Kaesang Bisa Tumbangkan Kekuasaan PKS di Depok Selama 20 Tahun 

PDIP bisa saja mengusung Kaesang di Pilwalkot Depok sebagai upaya meruntuhkan dominasi PKS yang telah berkuasa selama 20 tahun lebih.  

Sabtu, 10 Juni 2023 | 10:49 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep secara resmi telah menyatakan dirinya maju di kontestasi Pilkada Depok 2024. 

Hal ini disampaikan Kaesang dalam video yang diunggah di akun YouTube-nya, Jumat (9/6). Ia mengaku sudah mendapat restu dari keluarga untuk mengikuti pesta demokrasi tahun depan.

BERITA TERKAIT:
Pakar Soroti Isu Erina Gudono Maju Pilkada Sleman: Jadi Asisten Dosen Saja Dulu
Nama Kaesang Masuk Bursa Pilkada Solo, Erina di Sleman 
Dihadiri Kaesang Pangarep, Ribuan Massa Brebes Padati Deklarasi Relawan Prabowo Gibran 
Survei Nyatakan PSI Gagal ke Senayan, Ini Respon Kaesang 
Sebutan Khusus Prabowo dan Gibran untuk Kaesang Pangarep saat Sapa Ketum Parpol KIM

Kemunculan Kaesang bisa dianggap sebagai ancaman terutama bagi PKS. Pendapat ini disampaikan Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam. Dari kacamatanya PDIP bisa saja mengusung Kaesang di Pilwalkot Depok sebagai upaya meruntuhkan dominasi PKS yang telah berkuasa selama 20 tahun lebih.  

“Ada segmen kelompok muda yang relatif lebih dinamis, kemudian memiliki independensi dalam berpolitik barangkali itu menjadi ceruk massa yang bisa diambil oleh Kaesang,” kata Khoirul. 

Melihat latar belakangnya yang merupakan anak seorang penguasa, kemunculan Kaesang bisa menggerus kualitas kontestasi Pemilu yang seharusnya fair. Namun bila Kaesang memiliki keseriusan yang besar maka adalah hal yang wajar jika dirinya "tampil" di Pilkada Depok

Pertanyaan yang muncual sekarang adalah apa kendaraan Kaesang? 

“Meskipun harus dilihat dulu, yang membawa Kaesang itu siapa? Apakah PDIP atau yang sekarang PSI. Yang kemudian diarahkan untuk mengepung strategi untuk menyakinkan PDIP dan kembali mendorong target yang akan diusung dalam konteks ini adalah Kaesang,” kata dia. 

Lebih lanjut, ia mengatakan, perlu melihat secara jernih yang bermain di balik isu Kaesang maju di Pilwalkot Depok. Sebab, kata dia, PDIP di Depok tentu sudah punya tokoh, kader yang barangkali sudah berhitung untuk maju dalam Pilkada 2024. 

“Sebenarnya yang bermain bukan PDIP, tetapi PSI yang sedang menciptakan momentum dan ending-nya berusaha mengepung PDIP supaya PDIP merasa terpanggil untuk membawa Kaesang,” kata Khoirul. 

***

tags: #kaesang pangarep #pilkada #depok #pdip #pks

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI