Launching PPDB Online, Gus Yasin Ingatkan Petugas soal Integritas dan Transparansi

Gus Yasin meminta para petugas yang menangani PPDB agar tetap menjaga integritas dan transparan.

Selasa, 13 Juni 2023 | 08:54 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Semarang - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen meluncurkan aplikasi Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA dan SMK. Peluncuran dilakukan di Museum Ranggawarsita Semarang, Senin (12/06/2023). 

Gus Yasin mengatakan pada PPDB tahun 2023/2024 ini Pemprov Jateng menambah daya tampung siswa sebanyak 7.920 kursi menjadi 225.701 kursi. Pada tahun ajaran sebelumnya jumlah daya tampung sebanyak 217.781 kursi. Ia berharap melalui peluncuran aplikasi tersebut, masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mendaftar sekolah. 

BERITA TERKAIT:
DPP GWS Apresiasi Sikap Gus Yasin Dukung Gerakan Wanita
Gus Yasin Minta Napi yang Telah Bebas, Beri Contoh Positif di Tengah Masyarakat
Penguatan Ekonomi Syariah, Usulan Perda KDEKS Jateng Mencuat
Launching PPDB Online, Gus Yasin Ingatkan Petugas soal Integritas dan Transparansi
Gus Yasin Ajak Anak-Anak Yatim Tetap Semangat Raih Cita-Cita

"Lewat aplikasi ini, saya berharap masyarakat terjawab dengan kemudahan yang kita berikan untuk penerimaan siswa siswi di tingkat menengah atas," kata Gus Yasin usai peluncuran.

Gus Yasin meminta para petugas yang menangani PPDB agar tetap menjaga integritas dan transparan. Dengan sistem aplikasi online ini, lanjutnya, masyarakat bisa memantau langsung proses pendaftaran.

"Launching PPDB, yang saat ini sudah memakai aplikasi saya berharap ini lebih membuka transparansi atas keluhan dari masyarakat terkait pendaftaran di sekolah menengah atas atau SMK milik negeri," imbuhnya.

Taj Yasin menambahkan, saat peluncuran segenap siswa-siswi juga diundang. Di sana, lanjutnya, para siswa menerangkan jika proses pendaftaran melalui aplikasi terbilang mudah. 

Saat pendaftaran mereka didampingi para guru sehingga mendapat penjelasan secara mudah.

"Mereka mengatakan mudah kok, lewat guru juga diajak bicara. Diajak komunikasi, (saat) ada kesalahan memasukkan yang mestinya dia jalur prestasi tapi jalur zonasi sehingga tertolak di awal. Ndak perlu khawatir, sampaikan saja keluhan itu ke sekolahan," paparnya.

Provinsi Jateng, kata dia, membuka kuota PPDB untuk calon siswa SMA dan SMK. Pada SMAN prosentase yang ditetapkan adalah jalur zonasi dengan minimal 55 persen, jalur prestasi maksimal 20 persen, jalur perpindahan orangtua maksimal 5 persen. Jalur afirmasi sebanyak 20 persen dengan rincian untuk siswa miskin 13 persen, untuk anak nakes 3 persen, untuk anak panti 2 persen, dan untuk anak tidak sekolah 2 persen.

Untuk PPDB SMKN kuotanya terbagi dalam prosentase untuk jalur prestasi minimal 75 persen, domisili terdekat minimal 10 persen. Afirmasi 15 persen dengan rincian untuk siswa miskin 8 persen, anak nakes 2 persen, anak panti 2 persen, dan anak tidak sekolah 3 persen.

***

tags: #wakil gubernur jawa tengah #ppdb #taj yasin maemoen zubair

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI