Full Senyum! Harga Gabah di Pati Tertinggi dalam Sejarah, Segini per Kwintalnya  

Pada bulan sebelumnya harga gabah masih diangka Rp500.000 per kwintal. Harga ini sesuai dengan harga pembelian pemerintah atau HPP yang ditetapkan. 

Sabtu, 30 September 2023 | 15:28 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Pati - harga gabah kering panen di Kabupaten Pati saat ini mencapai angka tertinggi dalam sejarah. Salah satu pekerja di penggilingan gabah Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Pati mengatakan harga gabah mencapai Rp750.000 per kwintal. Tahun ini tingginya harga gabah disebut sebagai harga tertinggi dalam neraca penjualan selama ini.

Pada bulan sebelumnya harga gabah masih diangka Rp500.000 per kwintal. harga ini sesuai dengan harga pembelian pemerintah atau HPP yang ditetapkan. 

BERITA TERKAIT:
Harga Bawang Merah dan Putih di Boyolali Masih Tinggi
Pascamusim Lebaran, Harga Beras hingga Cabai Mulai Normal
Pemilik Warung di Boyolali Resah Harga Bawang Merah Belum Turun Sejak Lebaran
Petani Usul Harga Beli Gabah Dinaikan Rp2.000 per Kilo 
Harga Tomat Menggila, Mendag Zulhas: Ini Cuma Sementara

"Tetapi dari hitungan kami ditingkat penggilingan sudah naik. Setiap kwintalnya sekitar Rp750.000 atau sekitar Rp7.500 perkilogram," terang Sutrisno.

Dirinya berpendapat cuaca kering dan musim kemarau membuat para petani gagal memanen padi yang telah mereka tanam. Imbasnya jumlah gabah masuk ke tempat penggilingan terus berkurang.

Menurut Sutrisno di penggilingan tempatnya berkerja salama musim panen selalu memiliki stok gabah menumpuk. Namun saat ini jumlah gabah yang masuk ke penggilingan sudah berhenti total. 

"Tinggal beras ketan yang saat ini kami keringkan dan giling," kata Sutrisno.

Ketua Serikat Petani Pati Kamlan mengatakan harga gabah Rp7.500 perkilogram menjadi harga tertinggi dalam penjualan gabah di Kabupaten Pati.

Mengingat harga ini masih berada di tingkat petani serta belum terdistribusikan ke pasar.

"Setelah keluar dari penggilingan bisa lebih dari harga itu. Lantaran ada faktor tranportasi, jasa penggilingan dan lain sebagainya," kata Kamlan

harga gabah ini menurut Kamlan berbeda dengan harga jual gabah tahun lalu. Meski mengalami kenaikan harga gabah masih terhitung aman diangka Rp6.000 per kilogram.

Kamlan memprediksi tren kenaikan harga gabah bakal terus menuju puncak di bulan Desember 2023 nanti.

Dirinya memperkirakan harga gabah bakal menyentuh Rp 8.000 perkilogramnya sebelum adanya panen raya di bulan Januari.

"Kemungkinan ini bisa terjadi sebab banyak sawah yang belum memulai tanam padi. Apalagi dengan prediksi BMKG kekeringan juga berlangsung lama," kata Kamlan.

***

tags: #harga #gabah #pati

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI