TikTok Shop Tutup Sore Ini, Bagaimana Nasib Pesanan yang Belum Selesai?

Setiap pesanan yang tidak terkirim paling lambat tanggal 5 November akan otomatis dibatalkan oleh TikTok Shop Indonesia.?

Rabu, 04 Oktober 2023 | 10:43 WIB - Ekonomi
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – TikTok Indonesia resmi menghentikan operasional terhadap TikTok Shop per 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. penutupan ini dilakukan demi menaati dan mematuhi peraturan pemerintah RI.

"Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," kata TikTok Indoensia melalui pernyataan resminya Selasa (3/10) kemarin.

BERITA TERKAIT:
Terima Keluhan Pedagang TikTok Shop, Mendag Zulhas: Besok Bisa Jualan Lagi
TikTok Shop Indonesia Kembali, Kini Beroperasi di Bawah Tokopedia
Usai TikTok Shop Tutup, Pedagang Pasar Tanah Abang Minta Shopee dan Lazada Dihapus
Terungkap! Ini Cara Penjual di TikTok Shop Raup Omset Miliaran Rupiah saat Live Streaming, Ternyata Pake Fake Buyer!
Pedagang Batik di Semarang Sayangkan Pemerintah Tutup TikTok Shop

Lantas, bagaimanakah nasib pesanan pembeli yang belum selesai hingga penutupan diberlakukan? Apakah tetap dikirimkan atau otomatis dibatalkan?

TikTok nyatanya tidak tutup mata mengenai hal ini. Pihaknya telah memberikan aturan kepada penjual terkait pesanan belum selesai hingga penutupan TikTok Shop diberlakukan.

Berdasarkan keterangan TikTok, penjual wajib memproses setiap pesanan yang belum terselesaikan dan memastikan pesanan tersebut diserahkan kepada mitra logistik untuk proses pengiriman.? Setiap pesanan yang tidak terkirim paling lambat tanggal 5 November akan otomatis dibatalkan oleh TikTok Shop Indonesia.?

Jika pesanan kamu termasuk yang dibatalkan, maka kamu akan menerima uang pengembalian sesuai dengan yang telah kamu hayarkan sebelumnya. 

Sementara untuk barang yang sifatnya pre-order, prosedur pemenuhannya tetap tidak berubah. Penjual harus memastikan bahwa semua barang pre-order telah diserahkan kepada mitra logistik untuk dikirimkan dalam waktu 2 hari sejak tanggal pengiriman Pre-order. 
 

***

tags: #tiktok shop #pesanan #penutupan #pembeli

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI