Gim Berantas Korupsi 'Eradika' Buatan Mahasiswa UNNES Raih Penghargaan dari KPK

Harapannya dengan memainkan gim ini, integritas dan nilai-nilai antikorupsi dalam diri mahasiswa pengguna akan semakin meningkat. 

Selasa, 17 Oktober 2023 | 18:37 WIB - Didaktika
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Tiga mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) dari Prodi Pendidikan Sejarah angkatan 2021 berhasil menciptakan gim atau permainan sederhana yang diberi nama Eradika: The Integrity Chronicles. gim berantas korupsi ini bahkan menjadi salah satu projek yang berhasil meraih pendanaan sebesar Rp10 juta dari Komisi Pemberantasan korupsi (KPK).

Tiga mahasiswa tersebut yakni Qonita Fadhila, Inez Kalyana Azmi, dan Mutiara Gita Cahyani. Dengan dosen pembimbing Dr Muzakki Bashori, SPd, MA, ketiga mahasiswa tersebut berhasil menjadi salah satu dari 25 Tim Finalis CIFest (Campus Integrity Festival) 2023 yang diadakan langsung oleh Komisi Pemberantasan korupsi (KPK). 

BERITA TERKAIT:
Mahasiswa di AS Terus Teriakan Kemerdekaan Palestina 
Unnes Tegaskan Tak Ada Mahasiswanya Terlibat Ferienjob
Unnes Buka Seleksi Mandiri Jalur Prestasi, Bentuk Pengakuan terhadap Talenta Kaum Muda
Peduli Lingkungan, Kampus Ini Gelar Buber dengan Takjil Bungkus Daun Pisang 
Mahasiswa Korban Magang di Jerman Terjerat Hutang Rp50 Juta, Dijanjikan Gaji Rp30 Juta Sebulan

Oleh karena itu, KPK pun memberikan apresiasi kepada mahasiswa UNNES tersebut dengan memberikan pendanaan sebesar Rp10 juta untuk mengembangkan gim Eradika: The Integrity Chronicles.

Nama Eradika sendiri terinspirasi dari kata bahasa Inggris yakni eradicate yang bermakna ‘memberantas’. Harapannya dengan memainkan gim ini, integritas dan nilai-nilai antikorupsi dalam diri mahasiswa pengguna akan semakin meningkat. 

Dengan demikian, mahasiswa sebagai agen perubahan bangsa akan mampu memberikan dampak positif yang turut serta dalam kegiatan-kegiatan pemberantasan korupsi.

Tim Eradika memulai kegiatan research and development (R&D atau penelitian dan pengembangan) gim ini sejak Juli hingga Oktober 2023. Mereka mendapatkan pembekalan dan pengawasan langsung dari KPK

Lalu, tim mulai melakukan diskusi internal lanjutan, menyusun konsep gim, mengembangkan gim, menyebarkan kuesioner analisis kebutuhan, dan mengimplementasikan gim kepada mahasiswa semester 1 dan 3 dari Prodi Pendidikan dan Ilmu Sejarah. 

Setelah itu, tim menyebarkan User Experience Questionnaire (UEQ) kepada mahasiswa, meminta 3 ahli (2 dosen dan 1 hakim) untuk memberikan evaluasi kepada gim Eradika, dan membuat infografis serta video kegiatan.

Secara umum, gim Eradika mendapatkan respons yang positif, baik dari mahasiswa maupun ahli. mahasiswa tampak antusias mengikuti kegiatan implementasi gim Eradika. Tentu saja terdapat saran dan kritik membangun yang berguna untuk pengembangan gim ini ke depan.

Sebagai bagian dari tindak lanjut, 4 mahasiswa terpilih yang paling aktif selama bermain gim akan ditetapkan sebagai Duta Antikorupsi Jurusan. 

"Kami berharap melalui gim Eradika dan duta antikorupsi ini, nilai-nilai integritas dan semangat antikorupsi akan semakin meluas di lingkungan kampus dan menjelma menjadi praktik dan budaya baik yang berkelanjutan," kata dosen pembimbing, Muzakki Bashori.

***

tags: #mahasiswa #unnes #kpk #gim #korupsi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI