BKKBN Gelar Malam Adujaknas di Semarang, Momen Ajak Remaja Tangani Stunting

Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Genre Nasional (Adujatnas) 2023 merupakan acara rutin yang diselenggarakan BKKBN. 

Rabu, 01 November 2023 | 11:03 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI menggelar malam puncak Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas remaja Tingkat Nasional (Adujaknas) 2023 di Taman Indonesia Kaya, Semarang, Jateng, Selasa (31/10/2023) malam. 

Plh Kepala BKKBN RI, Tavip Agus Rayanto mengatakan, tema kegiatan ini sangat menantang, yaitu Genre Indonesia menuju 13 yang selaras, bergerak bersama, berkolaborasi dalam mewujudkan remaja yang bermakna. 

BERITA TERKAIT:
Semarang Bakal Jadi Tuan Rumah Puncak Acara Hari Keluarga Nasional Ke-31
Indeks Pembangunan Keluarga Ungguli Nasional, Jateng Jadi Tuan Rumah Harganas ke-31 Juni Mendatang
Nana Sudjana Tekankan Pentingnya Peran Ibu dalam Penurunan Stunting
Hore! Puluhan Kakek-Nenek di Rembang Diwisuda Setelah Ikuti Sekolah Lansia
BKKBN Gelar Malam Adujaknas di Semarang, Momen Ajak Remaja Tangani Stunting

Tavip berharap gelaran ini dapat menjadi upaya strategis dalam menyebarluaskan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting

"Melalui momentum strategis bagi para remaja Indonesia ini, tentunya ikut membantu dalam mencegah stunting dari hulu ke hilir. BKKBN sangat mengharapkan kerja sama berbagai pihak, serta keterlibatan aktif anak-anak genre kita untuk mewujudkan penduduk Indonesia berkualitas melalui upaya percepatan penurunan stunting," terangnya. 

Upayanya, kata Tavip, adalah melalui pencegahan stunting dari hulu yang dimulai dari remaja dan calon pengantin. Dengan memberikan edukasi kesehatan reproduksi, edukasi gizi, dan mempersiapkan kehidupan keluarga kepada seluruh remaja

"Pastikan setiap remaja terpenuhi gizinya, dan pastikan tidak melakukan perilaku berisiko yang menyebabkan kehamilan di usia muda, inilah salah satu faktor penyebab stunting," imbuhnya. 

Seperti diketahui, Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Genre Nasional (Adujaknas) 2023 merupakan acara rutin yang diselenggarakan BKKBN

Tujuan BKKBN yakni memilih sosok figur berusia 16-22 tahun yang akan menjadi role model bagi BKKBN. Utamanya dalam pemahaman remaja dalam program generasi berencana, kesehatan, reproduksi remaja, HIV Aids dan bahaya Napza

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong generasi muda untuk saling mengajak berkegiatan positif. Hal ini sesuai dengan janji Generasi Berencana (GenRe) yakni Three Zero.

Mbak Ita, sapaan akrabnya menyebut, adanya GenRe adalah untuk mengedukasi dan memberikan informasi bagi para remaja agar memiliki perencanaan kehidupan yang matang. 

Genre memiliki tiga janji yang terikat, yaitu tidak menikah di usia dini, tidak melakukan seks bebas, dan tidak menggunakan narkotika. Three Zero ini merupakan kunci menyelamatkan generasi dari jurang kehidupan untuk Indonesia Emas 2045.

"Mereka tentunya, adalah duta-duta yang bisa mendampingi teman-temannya untuk menjadi Three Zero. Dengan anggapan, sebagai sesama teman akan lebih mudah mengingatkan dalam hal positif," katanya. 

Dirinya mengatakan, remaja-remaja inilah yang punya peran penting menyebarkan virus baik bagi sesamanya.

***

tags: #bkkbn #taman indonesia kaya #remaja #stunting #adujaknas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI