Prabowo Sebut Banyak Negara Afrika Belajar ke Indonesia

Prabowo menyebut saat ini perekonomian Indonesia cukup tangguh.

Minggu, 07 Januari 2024 | 21:10 WIB - Politik
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyebut saat ini perekonomian Indonesia cukup tangguh sehingga banyak negara, termasuk dari Benua Afrika, belajar ke Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan saat menjawab pertanyaan panelis mengenai strategi calon presiden untuk menyusun peta jalan lebih konkret yang dapat memperkuat Kerja sama Selatan-Selatan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

“Kita sekarang sudah jadi panutan negara-negara Afrika. Begitu banyak negara Afrika melihat kita, datang ke kita, minta dan belajar dari kita,” tuturnya.

BERITA TERKAIT:
Opung Luhut Berpesan ke Prabowo Jangan Masukan Orang Toxic ke Kabinet, Siapa? 
PKS Tanggapi NasDem Merapat ke Prabowo-Gibran: Surya Paloh Paling Cantik Main Politik 
Cak Imin Harap Dirangkul Prabowo di Pemerintahan
Prabowo-Gibran Sah Jadi Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 
Pakar Yakini Megawati Tetap dengan Pendiriannya, Pilih sebagai Oposisi 

Menurutnya, negara selatan menganggap Indonsia berhasil menjaga inflasi rendah, menjaga pertumbuhan ekonomi, menjaga neraca perdagangan tetap bagus, serta surplus perdagangan lima tahun berturut-turut.

“Jadi, leadership kita di dunia, di hubungan internasional akan tercermin dan ber-impact pada keberhasilan kita mengelola kekayaan, menghilangkan kemiskinan rakyat, negara kita meraih teknologi menjadi negara industri. Itu yang membuat kita memimpin dunia selatan,” ujar prabowo

Lebih lanjut, ia mengatakan strategi dalam memimpin kerja sama negara Selatan-Selatan perlu dilakukan guna memperkuat perekonomian nasional. Menurutnya jika perekonomian kuat, maka Indonesia dengan sendirinya akan disegani oleh negara-negara lain, termasuk negara-negara yang tergabung dalam Kerja sama Selatan-Selatan.

“Dalam hubungan internasional, yang utama bagi Indonesia tentunya kepentingan geopolitik kita dan kepentingan ekonomi kita, karena itu yang utama, kita harus memperkuat ekonomi dalam negeri Indonesia, kita harus menjaga kekayaan kita, harus mengelola kekayaan kita, harus hilirisasi agar nilai tambah berpuluh-puluh kali naik,” sambungnya.

***

tags: #prabowo subianto #debat capres #kerja sama selatan-selatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI