Penting! Vaksin Covid-19 Kini Berbayar

"Ya sudah mulai berlaku berbayar. Sama halnya seperti kita mau vaksin flu atau vaksin lainnya yang bukan vaksinasi dasar.

Minggu, 14 Januari 2024 | 22:12 WIB - Kesehatan
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Vaksin Covid-19 kini mulai berbayar di DKI Jakarta. Menurut Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Lies Dwi Oktavia Vaksin Covid-19 akan sama halnya dengan vaksin pilihan lainnya yang dapat ditemukan di rumah sakit (RS).

Puskesmas juga menyediakan Vaksin Covid-19 secara gratis. Namun hanya untuk warga yang termasuk dalam kelompok beresiko tinggi yang telah ditentukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

BERITA TERKAIT:
Penting! Vaksin Covid-19 Kini Berbayar
Masyarakat Sukoharjo Diimbau Terapkan Prokes Buntut Ditemukannya Kasus COVID-19
Presiden Jokowi Luncurkan Vaksin IndoVac dan InaVac, Kepala BPOM RI: Saya Ikut Bangga dengan Indonesia
Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Kota Semarang Hanya Layani Vaksinasi di Dua Tempat
Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Kota Semarang Hanya Layani Vaksinasi di Dua Tempat

"Ya sudah mulai berlaku berbayar. Sama halnya seperti kita mau vaksin flu atau vaksin lainnya yang bukan vaksinasi dasar. Itu bisa ke RS. Kalau puskesmas hanya untuk warga yang masuk kriteria gratis," tutur Lies saat dihubungi, Minggu (14/1).

Warga yang mendapatkan pengecualian Vaksin Covid-19 berbayar, antara lain tenaga kesehatan, lansia, orang dewasa dengan penyakit komorbid, ibu hamil, dan penderita autoimun. 

Sementara itu, untuk anak-anak berusia 6 tahun ke atas sudah bisa mendapatkan Vaksin Covid-19 seperti yang sudah pernah diprogramkan saat pandemi covid-19 berlangsung pada 2021. Namun,  saat ini ketersediaan jenis Vaksin Covid-19 bagi anak-anak usia di atas 6 tahun masih harus dipastikan terlebih dulu.

"Kan kalau untuk anak-anak itu vaksinnya hanya merek tertentu ya. Jadi harus dipastikan dulu di RS yang dituju stoknya ada atau tidak. Kalau ada, silakan memvaksin anaknya," jelas Lies. 

Ia pun mengimbau bagi warga untuk melakukan vaksinasi covid-19. Meskipun tidak diwajibkan, Vaksin Covid-19 dapat mencegah perburukan gejala terutama pada lansia serta warga dengan penyakit komorbid. 

"Mutasi virusnya akan tetap ada karena memang itulah sifat virus. Yang kita harapkan adalah tidak muncul varian yang seperti Delta yang terjadi di 2020," tutupnya.
 

***

tags: #vaksin covid-19 #dinas kesehatan #dki jakarta #berbayar

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI