Warga Terdampak Banjir Demak Siap Mencoblos Jika Disediakan TPS di Dekat Pengungsian

Jumlah warga terdampak banjir yang mengungsi mencapai 20.772 jiwa.

Senin, 12 Februari 2024 | 17:07 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Demak - Para pengungsi banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, berharap dapat menyalurkan hak suara pada Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak Siti Ulfaati belum memberikan jawaban terkait solusi bagi warga terdampak banjir dalam memberikan hak suara mereka.

BERITA TERKAIT:
Genangan Banjir Demak Mulai Surut, Sebagian Pengungsi Pilih Pulang
Direktorat PSKBA Kemensos Berikan Bantuan bagi Penyintas Banjir Demak
Pemkab Demak Salurkan Bantuan Logistik untuk Pengungsi yang Pulang
Pengobatan Pengungsi Banjir Demak Ditanggung Pemkab Setempat
Banjir Demak, Kodam Diponegoro Dirikan Dapur Lapangan dan Posko Kesehatan

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, jumlah warga terdampak banjir yang mengungsi mencapai 20.772 jiwa, tersebar di 19 desa pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Karanganyar dan Gajah.

Salah satu pengungsi, Yuni mengaku siap menggunakan hak pilihnya jika terdapat tempat pemungutan suara (TPS) di dekat pengungsian.

"Sepanjang tersedia TPS yang lokasinya juga dekat dengan tempat pengungsian, tentunya saya siap menggunakan hak pilih," tuturnya, Senin.

Ia menyebut, lokasi TPS di desanya kini terendam banjir sehingga tidak memungkinkan untuk mencoblos di tempat ia terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

pengungsi lain, Yusrun Nikmah mengatakan, dirinya siap mencoblos jika disediakan TPS terdekat.

Yusrun pun tetap akan menggunakan hak pilihnya di TPS tempat dia terdaftar sebagai pemilih selama banjir sudah surut dan kondisi aman untuk kembali ke rumah.

"Kalau pun banjir sudah surut dan aman untuk kembali pulang ke rumah, juga tidak ada permasalahan untuk mencoblos di TPS dekat rumah," kata Yusrun.

Kemudian, Parti, warga Desa Karanganyar yang mengungsi di Terminal Jati Kudus, mengaku belum bisa memikirkan untuk bisa mencoblos atau tidak.

Hal itu karena hingga Senin, air genangan banjir di desanya masih tinggi, sehingga belum memungkinkan untuk pulang ke rumahnya.

***

tags: #pengungsi #banjir #demak #tempat pemungutan suara #pemilu 2024

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI