Bermain 10 Pemain, Timnas Indonesia Ditundukkan Uzbekistan 0-2

Uzbekistan tampil mendominasi.

Senin, 29 April 2024 | 23:29 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Doha- Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 0-2 di laga Semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024). Gol Uzbekistan dicetak oleh Norchaev pada menit 68, dan gol bunuh diri yang dilakukan Pratama Arhan di menit 86.

Kekalahan tersebut membuat Indonesia akan berebut posisi ketiga dan keempat melawan tim yang kalah di pertandingan Jepang melawan Irak. Peluang Indonesia untuk maju ke Olimpiade Paris 2024 masih terbuka, asalkan anak asuh Shin Tae-yong mampu keluar sebagai juara ketiga. Namun bila hanya meraih posisi keempat maka akan menjalani partai play off melawan Guinea untuk mendapatkan tiket Olimpiade.

BERITA TERKAIT:
Masuk Perpanjangan Waktu, Indonesia Tertinggal dari Irak 1-2
Babak Pertama Usai, Garuda Muda Ditahan Imbang Irak
Wasit Shen Yinhao Trending di X, Bikin Kesel Orang se-Indonesia 
Meski Kecewa Timnas Indonesia Kalah, Warga Kota Semarang Tetap Bangga
Gol Ferrari Dianulir, Nana Sudjana Tetap Bangga Pada Timnas U-23

Jalannya Pertandingan 
Uzbekistan terus membombardir pertahanan Indonesia tidak hanya sepanjang babak pertama saja, namun di babak kedua mereka terus melakukan serangan cepat dan segera melakukan transisi bertahan dengan cepat saat para pemain Indonesia masuk ke pertahanan Uzbekistan.

Indonesia sempat mencetak gol melalui kaki Ferrari, namun gol itu dianulir karena Ramadhan Sananta dianggap wasit melalui siaran ulang VAR telah berada di posisi offside. Dua menit setelah kejadian itu Norchaev mampu menjebol gawang yang dijaga Ernando Ari.

Indonesia kemudian harus bermain 10 pemain, karena Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran terhadap salah satu pemain Uzbekistan. Tak lama kemudian Uzbekistan mampu menambah gol lewat kemelut didepan gawang.

Bola yang disepak pemain Uzbekistan ke gawang jauh Indonesia membentur tiang gawang, Ernando Ari yang mencoba menghalau bola ternyata kurang cepat dengan gerakan kaki Pratama Arhan yang mencoba menghalau bola. Sentuhan kaki Arhan tersebut bukannya membuat bola menjauhi gawang namun yang ada bola meluncur masuk ke gawang.

Sejumlah pergantian pemain coba dilakukan oleh Shin Tae-yong, namun hal itu tetap tak bisa menghindarkan Garuda Muda dari kekalahan.

Hingga peluit akhir ditiup, Timnas Indonesia tak mampu bisa satupun membalas gol ke gawang Uzbekistan.

Susunan Pemain:
Indonesia : Ernando Ari (K), Rizky Ridho (C), M Ferrari, Justin Hubner, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Witan Sulaeman, Marcelino Ferdinand, M Fajar, dan Ramadhan Sananta.

Uzbekistan : Nematov (K), Abdirakhmatov, Khusanov, Erkinov, Khoshmov, Rakhmonaliev, Rakhmonov, Davronov, Odilov, Buriev (C).

***

tags: #timnas indonesia #shin tae-yong #piala asia #uzbekistan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI