Tampil Sebagai Tuan Rumah, Petrokimia Gagal Persembahkan Kemenangan 

Kekalahan ini menjadi yang kelima dialami tim asuhan Risco Herlambang dari enam laga selama putaran pertama.

Minggu, 19 Mei 2024 | 08:11 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Gresik- Tim bola voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia gagal mempersembahkan kemenangan sebagai tuan rumah  setelah  ditaklukan  Jakarta BIN dan dengan skor 1-3 (25-21, 19-25, 21-25, 14-25) pada laga terakhir seri keempat putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Tri Dharma, Gresik pada Jumat (17/5/2024).

Kekalahan ini menjadi yang kelima dialami tim asuhan Risco Herlambang dari enam laga selama putaran pertama. Satu-satunya kemenangan diraih ketika menjamu Jakarta Livin Mandiri.

BERITA TERKAIT:
PLN Mobile Proliga 2024: Petrokimia Kembali Gagal Raih Kemenangan
Tampil Sebagai Tuan Rumah, Petrokimia Gagal Persembahkan Kemenangan 
Bhayangkara Presisi Sikat Habis Dua Laga Lawan Kudus Sukun Badak 
Popsivo Polwan Menang Tiga Set Langsung atas Pertamina Enduro
Diperkuat Yolla Yuliana, Jakarta Elektrik PLN Targetkan Masuk Empat Besar Proliga

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, terutama jajaran direksi dan petinggi PT Petrokimia Gresik, Mediol Stiovanny Yoku dkk. Sempat membuka peluang untuk meraih poin saat unggul pada set pertama 25-21.

Penampilan apik Bohdana Anisova dan Polina Rahimova menjadi ancaman  tuan rumah saat pemain Jakarta BIN terlambat panas.

Memasuki set kedua, Jakarta BIN yang diperkuat para pemain timnas Indonesia, seperti  Megawati Hangestri, Wilda Siti Nurfadilah dan Ratri Wulandari serta dua pemain asing Kashauna Williams dan Kenia Carcaces mulai menunjukkan kehebatannya. 

Anak-anak BIN tidak hanya menekan lewat smsh-smsh mematikan, tetapi juga servis lompat yang menyulitkan pemain Petrokimia. Ditambah blok mereka juga rapat saat menghadang serangan pemain tuan rumah.

Setelah mengambil set kedua, Megawati dan kawan-kawan semakin percaya diri dan terus tampil menekan, sementara tim Gresik Petrokimia beberapa kali kehilangan fokus dan melakukan kesalahan sendiri.

Penampilan tuan rumah semakin buruk pada set keempat usai mereka tertinggal. Selain sering mati sendiri, Medioyoku dan kawan-kawan kesulitan membendung serangan lawan. Mereka tertinggal jauh 8-16, hingga akhirnya kalah 14-25.

pelatih Petrokimia, Risco Herlambang mengatakan bahwa, para pemainnya kurang sabar dan mati sendiri.   
“Sebenarnya set pertama mainnya sudah enak, tetapi set kedua dan seterusnya agak menurun. Kurang sabar dan sering mati sendiri, meskipun harus diakui lawan yang dihadapi juga tim bagus,”ujarnya. 

Meski kalah, Risco melihat penampilan anak asuhnya mulai ada peningkatan dibanding seri-seri sebelumnya. Jeda kompetisi selama dua pekan akan dimanfaatkan untuk membenahi segala kelemahan dan kekurangan untuk menghadapi putaran kedua.

“Kalau dari sisi pemain, kami sudah tampil semaksimal mungkin. Tetapi memang tadi set ketiga dan keempat kita banyak melakukan kesalahan sendiri. Secara keseluruhan permainan sudah makin meningkat,” tambahnya. 

Sementara itu, Asisten Pelatih Jakarta BIN Labib menjelaskan  timnya tampil buruk pada set pertama dan kehilangan angka dari kesalahan sendiri.

“Ada tujuh kesalahan servis pada set pertama, itu salah satu penyebabnya kita kalah pada set pertama. Nah, set berikutnya mulai membaik dan mengurangi kesalahan serta memperkuat pertahanan,”jelasnya. 

Pemain Jakarta BIN Wilda Siti Nurfadilah sepakat dengan pernyataan Labib, bahwa timnya kehilangan fokus pada set pertama dan terlalu sering melakukan kesalahan sendiri.

Pada laga ini, Wilda menyumbang sembilan angka, sementara top skor Jakarta BIN adalah Megawati Hangestri dengan 22 angka, disusul Carcaces 17 angka dan Williams membukukan 13 angka.

Hasil laga terakhir putaran pertama ini menempatkan Jakarta BIN berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 13 poin (empat menang dan dua kalah). Posisi teratas ditempati Jakarta Popsivo Polwan dengan mengumpulkan 17 poin.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #bola voli #pln mobile proliga 2024

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI