5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Musim Pancaroba

Tidak kalah penting dengan makanan, berolahraga di tengah musim pancaroba juga sangat disarankan untuk dilakukan.

Rabu, 15 November 2023 | 21:52 WIB - Trik
Penulis: - . Editor: Muyassaroh

SAAT ini, perubahan musim tidak dapat diprediksi secara pasti. Terkadang cuaca terasa sangat panas, lalu tiba-tiba berubah menjadi mendung dan hujan secara mendadak, begitu pun sebaliknya. Banyak sekali penyakit yang mudah menyerang tubuh manusia pada musim pancaroba seperti ini. 

Hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang tidak dapat beradaptasi dengan cuaca disertai dengan kekurangan imun tubuh. Akibatnya tubuh mudah terserang penyakit seperti diare, demam berdarah, ISPA, influenza, dan penyakit lainnya.

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis Bagi Warga Binaan
Layani Pemudik Lebaran 2024, Pemkab Sragen Sediakan Lima Posko Kesehatan
Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI Kunjungi Lapas Brebes
Dikukuhkan Jadi Anggota BPH Unimus, Mbak Ita Siap Berkolaborasi Majukan Bangsa
Lapas Semarang Bagikan Kacamata dan Perlengkapan Mandi bagi Para Napi

Namun, tidak perlu khawatir. Untuk menghadapi musim pancaroba seperti saat ini, ada 5 tips menjaga kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut.

1.    Konsumsi Makanan Antioksidan dan Protein

Saat musim pancaroba tiba, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah dan sayur. Hal tersebut karena kandungan antioksidan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena virus dan bakteri. 

Selain mengonsumsi buah dan sayur, mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging dan telur, juga penting untuk memperbaiki dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2.    Rutin Berolahraga

Tidak kalah penting dengan makanan, berolahraga di tengah musim pancaroba juga sangat disarankan untuk dilakukan. Berolahraga bermanfaat supaya badan lebih sehat dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

Minimal dalam sehari, coba luangkan waktu selama 30 menit untuk melakukan olahraga ringan sampai berat seperti work out, jogging, senam, dan lain-lain.

 

3.    Minum Air Putih yang Cukup

Saat musim pancaroba, diusahakan dalam sehari coba untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas. Hal tersebut karena mencukupi kebutuhan air putih dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun, dan meningkatkan energi pada tubuh.

4.     Kelola Stress dengan Bijak

Stress ternyata dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh, sebab saat mengalami stress akan nampak perbedaan yang timbul. Terutama ketika ada peristiwa yang membuat diri khawatir atau tidak pasti yang terjadi di dalam kehidupan. 

Coba lakukan kebiasaan atau kegiatan yang dapat mengontrol stress secara bijak seperti meditasi, berdoa, mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, sampai bermain bersama hewan peliharaan. 

5.    Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan saat musim pancaroba wajib dilakukan, supaya sistem kekebalan dalam tubuh menjadi kuat. Hal tersebut dapat diterapkan dengan cara mencuci tangan secara rutin dengan sabun selama 20 detik ditambah dengan membersihkan area di sekitar tempat tinggal.

Semisal, seperti ada sampah yang bertumpuk di selokan segera dibersihkan. Jangan lupa juga diikat rapat-rapat semua sampah serta menutup tempat penampungan air supaya tidak menjadi sarang nyamuk. 

Masalahnya tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan yang membawa virus dan bakteri. Hal inilah yang membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa tips ampuh menjaga kondisi tubuh di tengah musim pancaroba seperti saat ini. Marilah jaga diri dan lingkungan agar sehat dan terbebas dari penyakit. Semoga bermanfaat.

*Ditulis oleh wartawan magang KUASAKATACOM: Rahardian Haikal Rakhman
 

***

tags: #kesehatan #tips #musim pancaroba #cuaca panas #hujan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI