Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko menyampaikan pesan pada warga tidak melakukan takbir keliling dan menerbangkan balon ke udara, Foto: Istimewa

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko menyampaikan pesan pada warga tidak melakukan takbir keliling dan menerbangkan balon ke udara, Foto: Istimewa

Jelang Lebaran, Polres Pekalongan Larang Takbir Keliling

Penerbangan balon udara menjelang Lebaran pun dilarang karena mengganggu jalur penerbangan.

Selasa, 19 Mei 2020 | 08:31 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, PekalonganPolres Pekalongan, Jawa Tengah melarang kegiatan takbir keliling di tengah pandemi korona. Selain itu, penerbangan balon udara menjelang Lebaran pun dilarang karena akan mengganggu penerbangan komersial.

“Pada Jumat malam (15/5) Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pekalongan sudah melaksanakan rapat yang isinya menyepakati takbir keliling dilarang karena di wilayah ini masih banyak pasien virus korona,” ungkap KaPolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, Senin (18/5).

BERITA TERKAIT:
Miris! Bocah 15 Tahun di Wonogiri Jadi Pelaku Pencurian dengan Kekerasan
Update Kecelakaan Bus di Wonogiri: Delapan Penumpang Tewas, 20 Lainnya Terluka
Kecelakaan Maut di Wonogiri, Enam Korban Tewas, Empat Lainnya Luka Berat
Polres Sukoharjo Salurkan 30 Ribu Liter Air Bersih untuk Antisipasi Kekeringan
Sembilan Pelaku Begal Sadis Diringkus Polres Klaten

Aris menyatakan telah memerintahkan anggotanya yang bertugas pada pengamanan Lebaran 2020 agar melarang masyarakat yang ingin takbir keliling di jalan raya.

“Bagi warga yang melakukan takbir keliling akan kita halau untuk putar balik. Bagi mereka yang membandel akan tetap ditindak tegas dengan disuruh putar balik pulang ke rumahnya masing-masing,” imbuhnya.

Menurutnya, polisi tidak akan memberi sanksi pelanggaran karena sifatnya hanya preventif di situasi seperti sekarang.

“Kita tidak melakukan tindakan represif, namun preventif saja. Jadi mereka yang melakukan takbir keliling akan kita suruh putar balik untuk pulang ke rumahnya masing-masing. Kita akan siagakan petugas di sejumlah titik untuk antisipasi adanya takbir keliling,” lanjutnya.

Untuk warga yang menerbangkan balon udara, menurutnya, polisi akan terjun ke sejumlah wilayah untuk memberikan imbauan terkait bahaya menerbangkan balon udara.

“Yang jelas, kita akan terjun ke beberapa wilayah yang masyarakatnya biasa menerbangkan balon udara menjelang Lebaran. Dampak menerbangkan balon udara ini akan mengganggu jalur penerbangan dan berbahaya,” pungkasnya.

 

***

tags: #polres #pekalongan #lebaran #takbir keliling #balon udara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI