Terus Berusaha Beri Layanan Terbaik ke Masyarakat, Pemkab Cilacap Luncurkan MPP Online

Diharapkan MPP online dapat meningkatkan daya saing Kabupaten Cilacap.

Jumat, 03 Mei 2024 | 07:35 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Pemerintah Kabupaten Cilacap terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, untuk itu Pemkab setempat pada Kamis (2/5/2024) meluncurkan Aplikasi MPP (Mal Pelayanan Publik) Kabupaten Cilacap Online guna memudahkan dan memanjakan masyarakat yang akan mengurus data perizinan dan non perizinan.

Untuk diketahui, MPP online merupakan aplikasi yang diciptakan untuk melayani masyarakat layaknya MPP pada umumnya. MPP online akan melayani perizinan non OSS secara online, sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan perizinan dan non perizinan kapan saja dan di mana saja.

BERITA TERKAIT:
Terus Berusaha Beri Layanan Terbaik ke Masyarakat, Pemkab Cilacap Luncurkan MPP Online
Guna Permudah Layanan Perijinan, Jawa Tengah Sediakan 33 Mal Pelayanan Publik
Wali Kota Tegal Resmikan Mal Pelayanan Publik “Alaya Sewagati”
Apresiasi Mal Pelayanan Publik DPMPTSP, DPRD Grobogan: Tetap Perlu Ditingkatkan
Kebakaran Hanguskan Mal Palayanan Publik Pekanbaru, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Dalam laporannya Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ferry Adhi Dharma memaparkan bahwa tujuan utama MPP online adalah untuk memanjakan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Cilacap.

“Selain itu juga memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Cilacap dalam memperoleh perizinan dan non perizinan. Meningkatkan kualitas penyediaan data perizinan dan non perizinan di Kabupaten Cilacap,” jelasnya pada acara Soft Launching Aplikasi MPP Kabupaten Cilacap Online di MPP Cilacap, Lantai 2 Terminal Tipe A Kabupaten Cilacap.

Beberapa layanan yang bisa diakses melalui MPP online diantaranya, Perizinan Reklame Non Komersial, Perizinan Reklame Komersial, Perizinan Praktik Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan, Perizinan Alat Penerangan Jalan Swadaya, Perizinan Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan, dan Perizinan Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemudian juga melayani Perizinan Pendirian Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Perizinan Pendirian Satuan Pendidikan Non Formal, Pengesahan Siteplan Perumahan, Surat Keterangan Penelitian, Persetujuan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Perizinan kegiatan Kuliah Kerja Nyata), Pendaftaran Lembaga Kesejahteraan Sosial serta Izin Pemakaman.

Ferry menambahkan untuk saat ini aplikasi MPP online dibangun sebagai aplikasi berbasis web dan kedepannya akan ada penambahan fitur hingga Pembangunan MPP online versi Android/IOS.

“Adapun rencana pengembangannya meliputi Integrasi Pelayanan Perizinan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Digital (URAT NADI), Integrasi Aplikasi SIMPATIC dan SIAPIC, penambahan menu pelayanan kanal pengaduan, peta persebaran perizinan, survey kepuasan masyarakat, informasi dan peta potensi investasi, dan pelaporan kinerja. Kemudian termasuk pembangunan Aplikasi MPP online Kabupaten Cilacap Mobile (berbasis Android dan IOS),” terangnya.

Turut hadir menyaksikan peluncuran MPP online, Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, Muhammad Yusuf Kurniawan mengapresiasi Pemkab Cilacap yang menunjukkan progress yang baik dengan adanya MPP online dan diharapkan segera terhubung dengan MPP Digital.

MPP online ini kalau bisa dibilang menjadi batu pijakan, tinggal bagaimana kita melangkah kedepan menuju MPP Digital. Rencana dari kami juga ada pendampingan, perluasan manfaat maupun memfasilitasi. Jadi kita bisa saling bersinergi menuju MPP Digital,” ucapnya.

Sedangkan Pj Penjabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri mengatakan MPP online ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan arahan Pj Bupati Cilacap yang senantiasa mendorong inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yaitu agar setiap 1 (satu) bidang memiliki 1 (satu) inovasi.

“Harapan kita bersama bahwa dengan hadirnya MPP Kabupaten Cilacap Online dapat meningkatkan daya saing Kabupaten Cilacap, sehingga semakin banyak investor yang tertarik untuk melakukan kegiatan bisnisnya di Kabupaten Cilacap, dengan demikian maka kegiatan perekonomian di Kabupaten Cilacap semakin berkembang maju dan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Selain melakukan peluncuran MPP online, pada kesempatan ini dilakukan juga penandatanganan hibah program CSR di bidang Infrastruktur Digital Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Pj Bupati Cilacap dengan Direktur Rumah Sakit Pertamina Cilacap, Direktur Rumah Sakit Umum Duta Mulya Cilacap, Direktur PT Nusa Jaya Sentosa.

***

tags: #mal pelayanan publik #pemerintah kabupaten cilacap #awaluddin muuri #mpp online

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI