Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal dari Negara Tetangga, Ini Kata Menkes 

Oleh karena itu, tata kelola perdagangan komoditas obat-obatan harus lebih transparan supaya tidak ada peningkatan harga yang tidak beralasan. 

Selasa, 02 Juli 2024 | 14:27 WIB - Kesehatan
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - harga obat di Indonesia 3-5 kali lebih mahal dibanding negara-negara tetangga. Hal ini pun diakui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi mengatakan, perbedaan harga itu disebabkan oleh inefisiensi jalur perdagangan dan tata kelola. 

"Perbedaan harga obat itu 3 kali, 5 kali, dibandingkan dengan di Malaysia misalnya. 300 persen kan, 500 persen. Sesudah kita lihat, ada itu tadi, inefisiensi dalam perdagangannya, jual belinya, banyak lah masalah tata kelola, pembeliannya," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7/2024). 

BERITA TERKAIT:
Soal Harga Obat Indonesia Lebih Mahal dari Malaysia, Jokowi Instruksi Ini ke Menteri
Penyebab Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal daripada Malaysia
Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal dari Negara Tetangga, Ini Kata Menkes 
Menkes Respon Tingginya Kasus DBD, Ini Katanya 
Menkes: Negara Maju atau Tidak Kelihatan dari Puskesmas-nya

Budi menuturkan, kebijakan pajak yang tidak berpihak pada industri dalam negeri bukan alasan utama yang membuat harga obat bisa melonjak hingga 300 persen. Menurut dia, kebijakan relaksasi kemungkinan hanya akan menekan harga hingga 20-30 persen.

Oleh karena itu, tata kelola perdagangan komoditas obat-obatan harus lebih transparan supaya tidak ada peningkatan harga yang tidak beralasan. 

"Itu sebabnya kita harus mencari kombinasi yang semurah mungkin, tapi isunya bukan hanya di pajak saja," ujar Budi. 

Budi pun berencana membangun komunikasi dengan produsen alat kesehatan dan asosiasi Industri di dalam negeri untuk mencari solusi bersama. 

Ia pun mengaku akan melaporkan rencana formulasi kepada Presiden Jokowi pada dua pekan ke depan.

"Saya rasa sih harusnya kalau luar negeri bisa harga obat lebih murah, harusnya kita juga mengarah ke sana, ya," kata Budi.

***

tags: #menteri kesehatan #mahal #obat #budi gunadi sadikin #harga

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI