Upacara ziarah pada Rabu (22/12/2021), di Taman Makam Pahlawan (TMP), Hastana Manggala Mandhing Sragen. Foto: Istimewa.

Upacara ziarah pada Rabu (22/12/2021), di Taman Makam Pahlawan (TMP), Hastana Manggala Mandhing Sragen. Foto: Istimewa.

Pemkab Sragen Dorong Peran Perempuan dalam Membangun Daerah

Sumbangsih perempuan Sragen terhadap pembangunan begitu banyak.

Kamis, 23 Desember 2021 | 14:25 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Sragen – TP PKK Kabupaten Sragen menyelenggarakan peringatan Hari Ibu ke-93. Adapun, puncak peringatan tersebut ditandai dengan pelaksanaan upacara ziarah pada Rabu (22/12/2021), di Taman Makam Pahlawan (TMP), Hastana Manggala Mandhing Sragen.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sragen sekaligus Ketua Panitia II peringatan Hari Ibu, Ermina Damai Tatag Prabawanto mengatakan bahwa tema dalam Hari Ibu hari ini ialah Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Boyolali Peringati Hari Ibu dengan Gelar Talkshow Tentang Perempuan Peduli Stunting
Peringati Hari Ibu, Manajemen Hotel Grand Dian Bumiayu Beri Bingkisan untuk Tamu Khusus Ibu-ibu
Jelang Debat Cawapres, Mahfud MD Rayakan Hari Ibu dengan Istri Tercinta 
Sejarah Peringatan Hari Ibu: Mengapa Ditetapkan Tanggal 22 Desember?
Peringati Hari Ibu, Pemkab Klaten Gelar Pengajian Akbar bersama Nyai Nurul Syamsiyah

Menurutnya, dipilihnya kebaya sebagai dress code dalam peringatan Hari Ibu lantaran kebaya merupakan pakaian yang identik dengan Indonesia terutama di Pulau Jawa. Dengan tetap menggunakan kebaya, bisa membudayakan atau melestarikan pakaian para pendahulu. Agar budaya tidak luntur.

Terkait Hari Ibu, Damai yang sekaligus istri Sekda Sragen ini mengatakan sumbangsih perempuan Sragen terhadap pembangunan begitu banyak. "Seperti organisasi wanita di Sragen kita berkiprah di dalamnya, kita mendukung program pemerintah mengadakan seminar untuk memajukan SDM perempuan yang ada di Kabupaten Sragen." tuturnya.

Selain itu, sumbangsih perempuan lainnya ialah membantu perekonomian keluarga. Menurutnya, banyak perempuan tetap berdaya memajukan ekonomi keluarga yakni dari UMKM. "Kami harap perempuan di Kabupaten Sragen selalu menjaga diri untuk tangguh Indonesia Maju. Meskipun bekerja wanita tetap harus harus menghormati suami." ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sragen sekaligus Ketua Panitia I peringatan Hari Ibu, Supami Suroto mengatakan dalam rangka Hari Ibu ini, pihaknya telah melakukan serangkaian acara. Mulai dari penyaluran bantuan di Desa Jenalas (Kecamatan Gemolong), donor darah, seminar bagi perempuan dan sebagai puncak ziarah di TMP.

"Alhamdulillah serangkaian acara berjalan lancar. Semoga di Hari Ibu ini, kegiatan perempuan di Kabupaten Sragen bisa lebih maju." ujarnya.

***

tags: #hari ibu #taman makam pahlawan (tmp) #upacara #ziarah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI