Program IP 400 Digadang Mampu Tingkatkan Produksi Padi Nasional

Syahrul Yasin Limpo berharap pemerintah daerah untuk meningkatkan luasan lahan tanam.

Minggu, 19 Juni 2022 | 10:33 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Klaten - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan langsung lahan untuk program IP 400 di Desa Tegalgondo, Wonosari, Klaten, Sabtu (18/06/2022). Dalam kegiatan itu, Mentan didampingi Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Sebagai informasi, program Indeks Pertanaman (IP) padi 400 merupakan inovasi Kementerian Pertanian guna meningkatkan produksi padi nasional tanpa memerlukan tambahan fasilitas irigasi dan pembukaan lahan baru. Konsep dari IP 400 tersebut adalah dalam satu tahun di hamparan sawah yang memiliki irigasi sepanjang tahun, dapat ditanami padi selama empat kali.

BERITA TERKAIT:
Harga Gabah dan Beras Tampaknya Sulit Turun ke Harga Normal 
Sawah Menyempit, Produksi Padi Turun dan Harga Beras yang Kian Melambung 
Dinas Pertanian Kudus Targetkan 15 Ribu Hektare Lahan Pertanian pada Musim Tanam Pertama
Dukung Stok Nasional, Boyolali Tingkatkan Produksi Pangan
Majukan Sektor Pertanian, DPRD Grobogan Berdayakan Anak Muda

Di Kabupaten Klaten sendiri terdapat sekitar 10.000 hektare (ha) lahan pertanian yang ditargetkan dapat digunakan untuk pelaksanaan program IP 400. Kelebihan tanam pola IP 400 yakni hemat penggunaan air, jarak panen ke tanam lagi 5 hingga 10 hari, menggunakan varietas unggul seperti benih padi genjah, menggunakan mekanisasi, tahan hama penyakit dan langkah antisipasi dini.

Dalam hal ini, Mentan berharap pemerintah daerah untuk meningkatkan luasan lahan tanam agar hasil panen dapat semakin efisien dan terkonsentrasi.

“Tingkatkan lagi luas lahan tanamnya. Kita main di lahan yang lebih luas jadi modal kerja, modal alat lebih mudah dihitung karena makin banyak makin efisien dan hasil panen lebih terkonsentrasi,” ujarnya

Syahrul menambahkan, pemerintah harus berhati-hati dengan harga ketika hasil panen meningkat. Dirinya juga akan terus memantau pelaksanan program IP 400 di Kabupaten Klaten.

“Kalau hasil meningkat, hati-hati dengan harga. Jangan sampai panen petani kita terima dibawah HPP (Harga Pembelian Pemerintah). Saya akan perhatikan desa ini,” tukasnya.

***

tags: #padi #menteri pertanian #bupati klaten #syahrul yasin limpo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI