Akhmad Nuryanto SIP (Lurah Limbangan Wetan, Kecamatan/Kabupaten Brebes). Foto. Eko S/kuasakata.com

Akhmad Nuryanto SIP (Lurah Limbangan Wetan, Kecamatan/Kabupaten Brebes). Foto. Eko S/kuasakata.com

Targetkan Setoran PBB Bisa Lebih Awal Dibayarkan, Lurah Limbangan Wetan Terapkan Skarpala

31 Agustus merupakan jatuh tempo pembayaran PBB.

Rabu, 19 Juli 2023 | 07:23 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Lurah Limbangan Wetan, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Akhmad Nuryanto SIP bakal menerapkan metode Gerakan Sama-sama Kerja agar Pajak Lunas Lebih Awal (Skarpala) bagi wajib pajak yang menyetorkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di wilayah kerjanya. Tujuannya, agar pembayaran PBB oleh wajib pajak bisa segera mungkin untuk disetorkan.

"Aksi perubahan melalui metode Sjarpala ini, agar wajib pajak/warga masyarakat Kelurahan Limbangan Wetan khususnya,  yang telah menerima SPPT  bisa menyetorkan pembayar PBB lebih awal," ucap Nuryanto saat dihubungi di ruang kerjanya, Selasa (18/7/2023).

BERITA TERKAIT:
Antisipasi Banjir, Limbangan Wetan Aktif Gotong-royong Bersihkan Saluran Air dan Eceng Gondok
Dongkrak Pencapaian Target Pelunasan PBB, Limbangan Wetan Terapkan Gerakan SEKARPALA
Targetkan Setoran PBB Bisa Lebih Awal Dibayarkan, Lurah Limbangan Wetan Terapkan Skarpala
Perahu Fiber Kelurahan Limbangan Kulon dan Wetan Siap Dioperasionalkan
Terkendala Pemilik Lahan tak Berada di Tempat, Pungutan PBB Gagal Penuhi Target

Nuryanto yang sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawasan BPSDM Provinsi Jawa Tengah Angkatan VII ini menambahkan, setoran PBB Kelurahan Limbangan Wetan kepada Pemkab Brebes melalui Bapenda belum pernah terlampau sampai batas akhir pembayaran yang ditentukan,  yakni per 31 Agustus.

"Di mana, 31 Agustus merupakan deadline atau jatuh tempo pembayaran PBB. Target yang diberikan oleh Pemkab hanya 75% dari total kecamatan di Kabupaten Brebes. Tapi, kenyataannya adalah belum pernah terlampaui target yang ditetapkan tersebut. Dua tahun terakhir saya di Kelurahan Limbangan Wetan,  tepat tanggal 31 Agustus baru tercapai kisaran 40% pembayaran PBB," kata Nuryanto.

Nuryanto mengemukakan, mendasari persoalan tersebut, pihaknya akan terus berupaya untuk mengangkat persoalan PBB, agar peningkatan pendapatan sektor ini bisa mengalami peningkatan yang signifikan di tahun 2023.

"Kita akan terus berusaha dan berupaya, bagaimana sih upaya kita bisa.mendongkrak peningkatan PBB untuk wilayah Kelurahan Limbangan Wetan," lanjut Nuryanto.

Upaya tersebut, papar Nuryanto, dengan program Skarpala. Upaya ini dilakukan dengan cara melalui kerjasama dengan pihak kelembagaan masyarakat kelurahan seperti RT/RW, Katang Taruna atau PKK

"Nantinya SPPT akan disampaikan oleh pihak kelembagaan tersebut. Jadi, SPPT yang selama ini cukup.lambat dalam pendistribusiannya ke wajib pajak, nantinya akan bisa segera diterima. Jadinya, wajib pajak akan secepatnya bisa.langsung membayarkan PBB ke tempat-tempat yang sudah ditunjuk oleh Bapenda Kabupaten Brebes. Seperti misalnya ke kanal-kanal pembayaran online dan bisa langsung ke kantor kelurahan untuk bisa dilayani secara online juga. Mudah-mudahan. Melalui pola pendekatan tersebut, PBB bisa disetorkan sesegera mungkin dan target bisa terpenuhi" pungkas Nuryanto.

***

tags: #limbangan wetan #kabupaten brebes #pbb #karang taruna #pkk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI