Tak Ingin Rakyat Terbebani, Puan Maharani Minta Pemerintah Tekan Kenaikan Harga Pokok

Puan meminta Pemerintah perlu melibatkan peran masyarakat untuk mencegah praktik penimbunan.

Selasa, 26 Desember 2023 | 18:09 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah menekan angka kenaikan harga bahan pokok agar tidak memberatkan masyarakat. Sejumlah bahan pangan yang mengalami kenaikan, di antaranya, beras, cabai, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, hingga daging ayam.

Menurutnya, ketidakseimbangan kenaikan harga dapat menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, karena menyangkut kebutuhan hidup sehari-hari. Ada pun salah satu langkah yang bisa dilakukan pemerintah adalah memastikan ketersediaan dan distribusi bahan pokok secara merata di seluruh wilayah.

BERITA TERKAIT:
Hari Buruh Internasional, Ketua DPR RI: Perlindungan dan Keadilan bagi Buruh Harus Menjadi Perhatian Kita Bersama
Real Count KPU: Puan Maharani Moncer di Dapil Jateng V
Puan Maharani: Kita Laksanakan Pesta Demokrasi Ini dengan Jujur
Usai Hajatan Rakyat di Simpanglima Semarang, Puan Maharani Yakin Jateng Tetap Kandang Banteng
Hadiri "Kenduri Rakyat" di Wonosobo, Puan Maharani : "Semua Harus Solid Menangkan Ganjar-Mahfud!"

"pemerintah, sebagai regulator ekonomi, diharapkan segera mengambil langkah-langkah tegas untuk mengendalikan kenaikan harga tersebut," tegas Puan, Selasa.

Puan juga menekankan agar pemerintah memasifkan penyelenggaraan operasi pasar demi mengendalikan kenaikan harga bahan pokok. Menurutnya, pemantauan harga secara ketat dapat mengatasi spekulasi dan penimbunan bahan pokok oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kenaikan harga bahan pokok tidak hanya berdampak pada tingkat konsumsi, tetapi juga dapat menciptakan tekanan sosial," tegasnya.

Ia menyebut, dampak kenaikan harga Natal dan Tahun Baru memang menjadi tantangan yang harus disikapi segera oleh pemerintah.

“Jika dibiarkan, tren ini dapat berdampak serius pada daya beli masyarakat, terutama bagi kelompok ekonomi menengah ke bawah," ujarnya.

Lebih lanjut, ia meminta pemerintah perlu melibatkan peran masyarakat untuk mencegah praktik penimbunan.

Bahkan, pemerintah wajib melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya terlibat dengan memantau dan berani melaporkan segala bentuk kecurangan yang menyebabkan harga bahan pokok semakin mahal.

"Masyarakat dapat berperan sebagai mata dan telinga pemerintah untuk memberikan informasi yang akurat tentang keadaan harga di lapangan. Melibatkan masyarakat dalam proses pengawasan dapat menciptakan kebersamaan dan kepercayaan antara pemerintah dan rakyat dalam menghadapi tantangan ekonomi," pesannya.

Terkait masalah cabai rawit, perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR RI itu mengingatkan pemerintah antardaerah untuk melakukan kerja sama dalam menyalurkan pasokan dari daerah yang surplus ke defisit atau kurang stok.

Dengan demikian, pemerintah pusat akan membantu untuk melakukan distribusi tersebut.

"Harus ada intervensi dari pemerintah untuk mendukung stabilitas ekonomi dan keberlanjutan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan yang diambil juga jangan hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga memberikan dampak positif dalam jangka panjang," ujar Puan.

***

tags: #puan maharani #harga #bahan pokok #naik #pemerintah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI