Ukraina Tepis Keterlibatannya dalam Penembakan Mematikan di Dekat Moskow Rusia

Sobyanin memerintahkan pembatalan seluruh acara konser di daerahnya sepanjang akhir pekan.

Sabtu, 23 Maret 2024 | 15:08 WIB - Internasional
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Moskow - Ukraina mengaku bahwa pihaknya tidak terlibat dalam penembakan massal di sebuah balai konser di wilayah dekat Moskow, Rusia. Hal tersebut disampaikan oleh asisten presiden Ukraina Mykhailo Podolyak dalam sebuah pernyataan di X setelah penembakan larut malam yang disebut Rusia sebagai "serangan teroris".

"Ukraina tentu saja tidak ada hubungannya dengan penembakan/ledakan di Balai Kota Crocus (Wilayah Moskow, Rusia). Itu sama sekali tidak masuk akal," katanya dikutip, Sabtu.

BERITA TERKAIT:
Indonesia Kecam Aksi Penembakan Massal di Rusia 
Ukraina Tepis Keterlibatannya dalam Penembakan Mematikan di Dekat Moskow Rusia
Penembakan Massal di Gedung Konser Moskow Rusia, 60 Tewas 100 Terluka
Ketertarikan dengan Dunia Jurnalistik Bawa Attiatul Noor Belajar di Lomonosov Moscow State University Rusia
Serangan Ukraina ke Rusia Tewaskan 21 Orang

Podolyak mengatakan bahwa "serangan teroris tidak menyelesaikan masalah apa pun." Dia lebih lanjut mengatakan bahwa Ukraina tidak pernah dengan terpaksa menggunakan metode teroris, dan bahwa pemerintahnya mendengar peringatan publik dari kedutaan asing di Moskow tentang kemungkinan adanya insiden seperti itu jauh sebelum penembakan di Balai Kota Crocus terjadi.

“Tidak ada keraguan sedikit pun bahwa peristiwa di pinggiran kota Moskow akan berkontribusi pada peningkatan tajam dalam propaganda militer, percepatan militerisasi, perluasan mobilisasi, dan pada akhirnya, peningkatan perang. Dan (itu) juga untuk membenarkan serangan genosida yang nyata terhadap penduduk sipil Ukraina," tambahnya.

Sebelumnya, sebanyak 60 orang tewas akibat serangan teroris di gedung konser Crocus City Hall yang terletak di Krasnogorsk, sebuah kota yang terletak di barat MoskowRusia. Selain itu, peristiwa tersebut juga menyebabkan 147 lainnya cedera, demikian dilaporkan otoritas setempat pada Jumat waktu setempat.

"Menurut data awal, serangan teroris ke kompleks Crocus City Hall menyebabkan 60 orang tewas dan 147 lainnya cedera," demikian keterangan otoritas penyelidikan Rusia.

Kementerian penanganan situasi darurat Rusia melaporkan bahwa sebuah ledakan terjadi dalam serangan ke gedung teater tersebut sehingga menimbulkan kebakaran besar yang melahap sepertiga bangunan tersebut.

Media Rusia melaporkan bahwa karena kebakaran tersebut, sebagian bangunan Crocus City Hall runtuh. Serangan tersebut terjadi kala kelompok musik setempat Piknik akan tampil. Kelompok musik tersebut dilaporkan selamat.

Kejaksaan Agung Rusia menyebut sekelompok orang tidak dikenal tiba-tiba melancarkan tembakan sebelum konser dimulai. Sementara itu, komisi penyelidikan setempat menyatakan kejadian tersebut sebagai "serangan teroris".

Sementara itu, lebih dari 100 orang berhasil dievakuasi dari bangunan tersebut, dengan banyak pengunjung gedung konser lainnya menunggu dievakuasi di atap bangunan.

Pasukan khusus, polisi, dan dinas pemadam kebakaran setempat, serta sekitar 50 mobil ambulans, langsung diterjunkan ke lokasi untuk memulihkan keamanan dan menolong para korban.

Merespons serangan tersebut, otoritas Moskow seketika meningkatkan pengamanan. Warga kota digeledah sebelum diizinkan masuk ke sejumlah fasilitas publik, seperti stasiun kereta bawah tanah.

Hal tersebut dilakukan menyusul laporan bahwa pelaku penembakan berhasil melarikan diri.

Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov menyatakan Presiden Vladimir Putin terus menerima informasi terbaru terkait serangan itu.

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev juga menyerukan seluruh pelaku dieksekusi mati dan seluruh keluarganya diperiksa.

Sementara itu, Gubernur Oblast Moskow Andrey Vorobyov mengumumkan sebuah gugus tugas akan didirikan untuk menangani peristiwa itu.

Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin menyatakan belasungkawa terhadap korban tewas maupun luka-luka dalam serangan teroris itu.

"Sebuah tragedi mengerikan terjadi di Crocus City Hall hari ini. Saya berbelasungkawa terhadap para keluarga korban. Saya juga sudah memerintahkan supaya semua hal yang diperlukan diberikan kepada mereka yang cedera," kata Sobyanin.

Sobyanin juga memerintahkan pembatalan seluruh acara konser di daerahnya sepanjang akhir pekan.

Sumber: Anadolu

***

tags: #rusia #tewas #teroris #moskow

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI